Resep Ayam Goreng Crispy Saus Bali


Loading...
Siapa yang bisa melupakan cita rasa saus bali. Rasanya begitu sedap. Wajar, karena saus berwarna kuning itu sarat rempah.

Cita rasa khas Indonesia makin kentara lantaran sausnya mengandung santan. Ditambah sensasi crispy ayam goreng yang berpadu seleras dengan saus bali pasti resep ayam goreng crispy saus bali ini punya sensasi cita rasa yang begitu kaya.


Tertarik mencoba? Silakan simak resep masakan khas Indonesia ayam goreng crispy saus bali berikut ini dengan teliti. Ada beberapa bahan yang jumlah dan takarannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Penting juga membaca tips memasak ayam goreng crispy saus bali. Resep ini setara 8 porsi.


Bahan utama untuk membuat ayam goreng crispy saus bali:
1. 1 ekor (1 kilogram) ayam, cuci bersih, potong menjadi 8 bagian.
2. 500 gram tepung terigu protein tinggi.
3. Garam secukupnya.
4. Merica bubuk secukupnya.
5. 2 tangkai daun seledri, iris hingga lembut.
6. 100 mililiter santan.
7. Air secukupnya.

Bahan untuk membuat saus bali yang akan disajikan pada menu ayam goreng crispy saus bali:
1. 4 lembar daun jeruk.
2. 2 lembar daun salam.
3. 250 mililiter santan kental dari 1 butir kelapa.
4. 2 batang serai dimemarkan.
5. Lengkuas sebanyak 1,5 ruas jari.
6. 1,5 sendok makan air asam jawa.
7. Garam dan merica secukupnya.
8. Minyak goreng untuk menumis.

Bahan yang dihaluskan untuk membuat saus bali:
1. Kunyit sebanyak setengah ruas jari.
2. 8 siung bawang merah.
3. 5 siung bawang putih.
4. 5 buah cabai merah. Jumlah cabai dapat ditambah atau dikurangi sesuai selera Anda.
5. Gula pasir secukupnya.


Tips memasak ayam goreng crispy saus bali:
1. Setelah dicuci bersih, balur daging ayam dengan air jeruk nipis, garam dan merica. Diamkan lebih kurang selama 15 menit agar tidak bau amis dan daging ayam pada bagian dalam juga punya rasa tidak hambar.
2. Bila sausnya kurang encer, kentalkan dengan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air. Tungkan sedikit demi sedikit hingga tercapai tingkat kekentalan yang Anda inginkan.
3. Tumis semua bahan hingga matang. Bila bahan-bahan yang ditumis kurang matang, akibatnya akan mengurangi kualitas cita rasa ayam goreng crispy saus bali.


Cara memasak ayam goreng crispy saus bali: 
1. Tahap menggoreng ayam: tepung terigu protein tinggi dibagi dalam dua wadah. Campur tepung terigu pada satu bagian dengan garam, merica bubuk, santan, sedikit air dan irisan seledri. Aduk hingga rata, sisihkan. Masukkan ayam yang telah dipotong-potong ke dalam adonan tepung, balur dengan adonan tepung hingga rata. Angkat dan guling-gulingkan ke dalam tepung kering yang sebelumnya telah diberi sedikit garam dan merica hingga rata, sisihkan. Panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, goreng daging ayam dengan api kecil hingga matang merata, angkat, tiriskan, sisihkan.
2. Tahap membuat saus bali: Tumis bahan-bahan yang telah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan serai, tumis hingga bumbu halus matang (harum). Tahap berikutnya, masukkan santan dan air asam, dilanjutkan dengan memasukkan garam dan merica bubuk. Masak mendidih dan mengental.
3. Tahap penyajian: Letakkan ayam goreng crispy di atas piring saji. Tuangkan saus bali di atas ayam goreng crispy, tabur dengan daun seledri. Ayam goreng crispy saus bali siap disantap.

Adapun resep ayam goreng crispy saus bali ini setara buat 4 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel