Resep Es Jeruk Cincau Segar Penghilang Dahaga


Loading...
Cincau memang bahan makanan yang menyenangkan. Banyak aneka minuman yang dibuat dari cincau. Salah satunya adalah resep es jeruk cincau. Saking segarnya rasa minuman yang paling enak bila dihidangkan dalam kondisi dingin, sangat ampuh dijadikan sebagai penghilang dahaga.

Buat yang belum tahu, cincau yang bertekstur kenyal itu dibuat dari rendaman daun cincau. Sebelum direndam, daun cincau harus diremas-remas terlebih dahulu. Tujuannya supaya lendir yang terdapat di dalam daun tersebut keluar. Lendir itulah yang nantinya membuat tekstur cincau menjadi kenyal. Soalnya, warna cincau. Pada dasarnya warna cincau adalah kehijau-hijauan. Belakangan, supaya menarik ditambah bahan pewarna makanan.

es jeruk cincau segar penghilang dahaga

Hal yang disebut terakhir itu harus dijadikan sebagai pertimbangan ketika membeli cicau. Pastikan bahwa cincau yang Anda beli diproduksi dengan menggunakan pewarna makanan atau pewarna alami. Dan, tidak mengandung formalin. Cincau yang tidak mengandung formalin, biasanya tidak tahan. Tak lebih dari 2 hari, cincau akan mencair kembali bila tidak diremdam di dalam air dan dibiarkan di ruang terbuka.

Untuk membuat es jeruk cincau yang segar sebagai penghilang dahaga, jenis jeruk yang digunakan boleh apa saja. Seperti, jeruk nipis, jeruk lemon, sunkist, baby orange. Berikut penjelasan selengkapnya.


Bahan untuk membuat es jeruk cincau segar penghilang dahaga:
1. 2 buah jeruk nipis.
2. 50 gram cincau, diserut atau potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
3. 400 mililiter air putih.
4. 4 sendok makan gula pasir.
5. Es batu secukupnya dipecah atau diserut.

Selain menggunakan gula pasir, Anda juga bisa memanfaatkan madu. Warna cincau yang digunakan boleh disesuaikan kebutuhan.


Cara membuat es jeruk cincau segar penghilang dahaga:
1. Peras air jeruk nipis. Singkirkan bijinya.
2. Tuang perasan air jeruk nipis ke dalam wadah saji.
3. Tambahkan gula pasir dan air putih, aduk sampai larut.
4. Tambahkan cincau dan es batu, es jeruk cincau segar penghilang dahaga siap dihidangkan.

Resep es jeruk cincau segar penghilang dahaga ini cukup untuk 2 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel