Lumpia Sudah Biasa! Ini Nih Oleh-oleh Wajib Dibeli saat Berkunjung ke Semarang


Loading...
Saking populernya, selain berjuluk Kota Atlas, Kota Semarang juga kerap dijuluki sebagai Kota Lumpia. Kuliner peranakan yang dibuat dari rebung (tunas bambu) yang dicampur dengan orak-arik telur dan udang cincang ini memang sangat enak.

Anda menemukannya di sekitar wilayah Pecinan Kota Semarang, mulai dari Jalan Mataram (MT Haryono), Jalan Pemuda, sampai Jalan Gajahmada dan di sekitar kawasan Gang Tengah dan Gang Lombok.

lumpia

Tapi, tahukah Anda ada kuliner lain yang sangat khas Semarang yang bisa dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh saat berkunjung ke Semarang? Mau tahu apa saja?

1. Bandeng presto

bandeng

Selain lumpia, Kota Semarang juga terkenal dengan kuliner bandeng presto-nya. Selain enak, makanan ini juga menawarkan kemudahannya saat mengonsumsi bandeng yang memang terkenal memiliki banyak duri itu.

Dengan cara masak presto, duri dan bahkan bagian kepala ikan bandeng juga bisa dimakan. Rasanya gurih banget dan sudah pasti lezat.

2. Tahu petis


tahu petis

Tahu petis yang dijual Kota Semarang berbeda dengan di daerah lain. Kudapan atau cemilan ini biasanya dijula di pinggir jalan dengan gerobak dorong.

Bukan cuma untuk tahu, petis yang rasanya manis ini juga enak dioleskan di aneka goreng lain, seperti mendoan, bakwan, tahu isi, atau bahkan pisang goreng.

3. Babat gongso

babat gongso

Satu lagi yang wajib dijadikan oleh-oleh adalah babat gongso. Tak seperti tahu petis dan bandeng presto, agak sulit memang mendapatkan babat gongso di Kota Semarang.

Sebab, belakangan sudah jarang penjajanya yang mangkal di suatu tempat. Mereka biasanya berjualan dengan cara berkeliling.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel