Resep Ayam Goreng Isi Samudera Saus Keju


Loading...
Ini adalah menu kuliner juara. Ya, juara. Karena bahan utama yang dipakai adalah bahan-bahan kuliner yang juara di masing-masing kategorinya. Yaitu, ayam dan beberapa jenis seafood, seperti udang dan ikan kakap merah. Ada embel-embel samudra pada nama resep ini, lantaran bahan utama yang digunakan mengandung seafood yang biasa hidup di lautan samudera. Kesemua bahan utama diolah menjadi satu bersama bumbu minimalis lalu disiram saus keju. Jadilah, ayam goreng isi samudra saus keju yang sarat kelezatan cita rasa kuliner.

Tekstur terluar dari ayam goreng isi seafood saus keju ini begitu garing dan renyah. Itu karena daging ayam dibalur dengan adonan tupung terigu protein tinggi. Sedang di bagian dalam, teksturnya terasa begitu lembut, karena semua bahan untuk isian digiling hingga halus. Ada kejutan rasa yang lain di bagian dalam menu ayam goreng isi seafood ini. Sausnya yang memakai keju sebagai bahan utama, terasa begitu gurih.

Mau mencoba? Simak daftar resep ayam goreng isi seafood saus keju berikut ini. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 5 porsi.


Bahan utama untuk membuat ayam goreng isi seafood saus keju:
1. 100 gram daging ikan kakap merah, dicuci bersih, digiling hingga halus.
2. 50 gram udang, singkirkan kepala, kulit dan ekornya, dicuci bersih, digiling hingga halus.
3. 5 paha ayam, ambil dagingnya saja.
4. 1 batang wortel, dicincang halus.
5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.
6. 75 gram tepung roti.
7. Gula pasir secukupnya.
8. Merica bubuk secukupnya.
9. Garam secukupnya.

Bahan penguat rasa untuk membuat ayam goreng isi seafood saus keju:
1. 1 helai daun bawang, diiris halus.
2. 1 sendok teh kecap ikan.
3. 1 buah cabai merah, cincang halus. Anda boleh tidak memakai cabai bila tidak menginginkannya.
4. 2 siung bawang putih, dicincang halus.
5. 75 gram tepung sagu.
6. 1 putih telur.
7. 25 mililiter air es.
8. 1 sendok teh minyak wijen.
9. 100 gram keju quick melt, potong-potong bentuk dadu.
10. Gula pasir secukupnya.
11. Garam secukupnya.
12. Merica bubuk secukupnya.

Bahan untuk membuat saus keju:
1. 1 siung bawang putih, cincang halus, gunakan setengah saja.
2. 1 sendok makan tepung terigu protein sedang.
3. 300 mililiter susu cair.
4. 250 gram keju quick melt.
5. Garam secukupnya.
6. Gula pasir secukupnya.
7. Merica bubuk secukupnya.
8. 3 sendok makan mentega untuk menumis.


Tips membuat ayam goreng isi samudra saus keju:
1. Setelah mencuci bersih semua bahan daging, balur dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
2. Gunakan api kecil-sedang saat membuat saus. Bila dirasa api terlalu panas, angkat wajan dan terus diaduk-aduk. Ini untuk menghindari agar saus tidak gosong.


Cara membuat ayam goreng isi samudra saus keju:
1, Balur daging ayam dengan garam dan merica bubuk sucukupnya, diamkan selama hampir 1 jam.
2. Tahap memproses isiannya: campur daging giling ikan kakap merah, udang dan wortel yang telah dicincang. Tambahkan cabai merah, bawang putih, daun bawang merah, kecap ikan, garam, merica bubuk, gula pasir, tepung sagu, air es, putih telur, dan minyak wijen. Aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur rata, sisihkan.
3. Siapkan paha ayam yang telah direndam selama hampir 1 jam tadi, letakkan bahan isian di salah satu permukaannya, beri keju quick melt di bagian paling dalam, digulung dan bungkus dengan plastik transparan atau kertas alumunium. Kukus dengan api yang tidak terlalu bersar selama 45 menit, angkat, dan siap untuk dilumuri dengan adonan tepung.
4. Tahap membuat adonan tepung balur:  masukkan tepung sagu ke dalam 2 wadah. Tepung sagu di salah satu wadah dicampur dengan air, garam, merica dan kaldu ayam instans secukupnya, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
5. Ambil daging yang telah dikukus, celupkan ke adonan tepung sagu, angkat, gulingkan di tepung sagu kering, angkat, dan gulingkan lagi ke tepung roti. Goreng dengan minyak goreng yang panas dan cukup banyak hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan, sisihkan.
6. Tahap membuat saus keju: Panaskan mentega, kemudian tumis bawang putih hingga harum. Masukkan tepung terigu, aduk sebentar, kemudian tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk terus hingga bahan sedikit mengental. Masukkan keju quick melt aduk lagi hingga meleleh. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk. Masak hingga matang sambil terus diaduk-aduk.
7. Tahap penyajian: Potong serong daging yang telah digoreng. Susun di wadah saji, siram dengan saus keju. Ayam goreng isi samudra saus keju siap disajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep bistik ayam ala chinese food serta resep ayam goreng saus telur asin.

Adapun resep ayam goreng isi samudera saus keju ini setara buat 4 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel