Resep Saus Pempek atau Empek-empek Palembang Original


Loading...
Bila telah menjadi pengunjungCounty Food setia, pasti hari ini Anda sudah menguasai resep pempek. Nah, hari ini giliran resep saus pempek atau empek-empek Palembang original yang akan dibahas. Saus ini memiliki peran yang sangat penting untuk pempek atau empek-empek palembang.

Apalagi, bila Anda menginginkan cita rasa yang original. Pasalnya, seenak apapun pempek yang Anda makan, bila tidak dilengkapi dengan sausnya, cita rasa makanan khas masyarakat Palembang ini pasti belum istimewa.

Soal bagaimana membuatnya? resep saus pempek boleh dibilang sangat gampang dan praktis. Sama mudahnya dengan ketika Anda harus mengaplikasikan resep asam padeh ikan kembung atau resep udang saus tiram pedas menggoda selera.


Ingin tahu cara membuatnya? Silakan simak resep saus pempek atau empek-empek Palembang original berikut ini hingga tuntas supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab, selain daftar bahan dan cara membuatnya, Anda juga wajib mengetahui tips dan penjelasan tambahan pada paragraf terakhir. Asal tahu saja, sebelumnya juga sudah dibahas resep pempek Palembang bumbu original dan resep pempek ikan teri empuk.


Bahan dan bumbu yang harus disiapkan untuk membuat atau mengolah resep pempek atau empek-empek Palembang original:
1.  500 gram gula merah.
2.  Garam dan gula pasir secukupnya.
3.  50 gram asam Jawa. Bahan ini menjadi bumbu inti yang harus ada pada resep sayur asem pedas khas Jawa Tengah serta resep rujak buah & bumbu rahasianya supaya enak.
4.  6 sendok teh cuka. Cuka juga dipakai pada resep acar mentah sayur wortel dan ketimun maupun resep acar manado sedap.
5.  600 mililiter air putih matang.

Bumbu yang harus dihaluskan:
2.  6 siung bawang putih.

Bahan pelengkap:
1.  Ketimun secukupnya, buang bijinya, potong kecil bentuk dadu. Simak trik membersihkan buah dan sayuran tanpa cairan kimia berbahaya.
2. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan mie kuning pada masakan khas Indonesia yang satu ini sebagai bahan pelengkap.


Tips membuat atau mengolah resep saus pempek atau empek-empek Palembang original:
1.  Jumlah cabai yang digunakan boleh disesuaikan selera.
2.  Takaran cuka yang dipakai boleh disesuaikan selera.
3.  Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk mendapatkan rasa asam. Tapi, air cuka wajib digunakan. Pemakaian air jeruk nipis atau lemon hanya untuk menyiasati supaya bau air cuka tidak menyengat. Bila memakai jeruk nipis atau lemon, kurangi takaran cuka sesuai dengan takaran air jeruk nipis atau lemon yang dipakai.
4.  Bila ada sisa, disarankan untuk menyimpan saus ini di kulkas supaya keawetannya tertap terjaga.


Cara membuat saus pempek atau empek-empek Palembang original:
1.  Rebus air bersama gula merah, asam jawa dan air cuka hingga menguap.
2.  Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk sampai tercampur rata.
3.  Masukkan garam dan gula pasir, aduk sampai larut dan airnya mendidih, angkat.
4.  Biarkan hingga suhunya menjadi normal.
5.  Hidangkan bersama pempek dan beri potongan ketimun. Sebagai menu pendamping (minumannya), silakan coba resep jus pisang kopi spesial. Selain pempek, saus ini juga cocok dijadikan pelengkap untuk;

Umumnya, pempek palembang yang disajikan dengan resep saus pempek atau empek-empek Palembang original ini juga ditambah mie kuning yang biasa digunakan untuk resep mie kocok khas Semarang segar menyehatkan maupun resep mie kocok khas Bandung yang paling dicari.

Ada yang menjadi bahan inti pada resep saus pempek. Yaitu penggunakaan asam jawa. Bahan ini wajib digunakan karena rasa asamnya sangat khas. Dalam dunia kuliner tradisional Indonesia, asam jawa juga kerap dijadikan bumbu. Misalnya;
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel