Resep Ayam Pindang Gurih Asam


Loading...
Satu lagi resep ayam yang cukup menggoda selera. Tak hanya cocok sebagai menu makan siang atau malam, ayam pindang gurih asam ini juga cocok dimasukkan ke dalam daftar menu makan pagi hari. Rasanya yang gurih asam sepertinya mampu memberikan pemicu semangat untuk menghadapi segudang aktivitas. Perlu diketahui, pidang adalah sebuah masakan yang diolah dengan cara direbus.

Sebenarnya daging ayam pada resep masakan khas Indonesia ini dapat diganti daging bebek. Berbeda dengan daging ayam, daging bebek punya cita rasa tersendiri. Iya saja, rasa gurih pada daging ayam berbeda dengan rasa gurih pada daging bebek. Tapi, yang jelas keduanya punya cita rasa yang sama-sama lezat. Namun, sesuai namanya, daging yang digunakan dalam resep ayam pindang gurih asam adalah daging ayam. Semuanya terserah Anda. Pilih mana, daging ayam atau daging bebek?

ayam pindang

Adapun bahan utama untuk membuat ayam pindang gurih asam adalah sebagai berikut:
1.   1 kologram (1 ekor) ayam, bersihkan, potong menjadi 12 bagian. Balur dengan garam dan air asam jawa ke seluruh bagian ayam hingga merata. Diamkan lebih kurang 15 menit agar meresap. Goreng dengan minyak panas hingga matang merata. Angkat, tiriskan, sisihkan. Daging ayam dapat diganti dengan daging bebek.

Bahan penguat rasa untuk membuat ayam pindang gurih asam:
1.   5 siung bawang merah, diiris tipis.
2.   3 siung bawang putih, diiris tipis.
3.   4 buah cabai merah besar, diiris tipis dengan bentuk sesuai selera. Jumlah cabai dapat disesuaikan dengan selara Anda.
4.   1 batang serai, dimemarkan.
5.   1 lembar daun kunyit.
6.   Garam secukupnya.
7.   Gula pasir secukupnya.
8.   2 buah asam jawa.
9.   1,5 liter santan dari setengah butir kelapa.
10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bahan yang dihaluskan untuk membuat ayam pindang gurih asam:
1.   5 siung bawang merah.
2.   3 siung bawang putih.
3.   1 sentimeter jahe.
4.   1 sentimeter lengkuas.
5.   1 sentimeter kunyit, dibakar terlebih dahulu.
6.   Haluskan semua bahan.


Tips memasak ayam pindang gurih asam:
1.   Saat memasak santan, aduk perlahan dan terus menerus secara periodik hingga semua bahan matang. Ini untuk mencegah agar santan tidak pecah. Sebab, bila santan sampai pecah, cita rasa ayam pindang gurih asam tak akan maksimal.
2.   Bila jumlah asam jawa yang Anda miliki terbatas, saat melumuri ikan sebelum digoreng, bahan asam jawa boleh diganti dengan air jeruk nipis. Fungsi asam jawa dan jeruk nipis adalah sama. Selain untuk memperkaya cita rasa, air jeruk nipis juga difungsikan untuk menghilangkan bau amis.


Cara memasak ayam pindang gurih asam:
1.   Ambil bawang merah dan bawang putih, tumis dengan minyak goreng hingga harum. Tambahkan bahan yang telah dihaluskan, tumis lagi hingga bahan halus berubah warna. Segera masukkan cabai merah, serai dan daun kunyit. Tumis kembali hingga semua bahan tercampur rata.
2.   Masukkan santan, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
3.   Terakhir masukkan, ayam goreng, garam, gula pasir, dan asam jawa. Masak sampai matang.
4.   Ayam pindang gurih asam siap disajikan.

Tentunya hidangan kuliner ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang, makan malam maupun menu berbuka puasa setelah menyantap beberapa resep pembuka yang memiliki cita rasa manis.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel