Resep Daging Ayam Masak Bumbu Kuning


Loading...
Berbeda dengan masakan Eropa, masakan Asia, khususnya Indonesia, sangat menonjolkan cita rasa rempah-rempah. Sebut saja daging. Beberapa resep masakan khas Indonesia yang menggunakan daging sebagai bahan utama, juga sarat akan rasa rempah-rempah. Sedangkan menu daging khas eropa hampir minim bumbu. Steak, misalnya. Sama halnya dengan masakan khas Indonesia yang lain, resep daging ayam masak bumbu kuning ini juga sarat akan rempah. Soal kelezatan cita rasanya tak perlu patut dijadikan rekomendasi.

Bila ingin mengeksplor lebih dalam, resep ini tak hanya cocok dipadukan dengan daging ayam. Bumbu kuning yang ada pada resep daging ayam masak bumbu kuning juga cocok dipadukan dengan daging sapi.

daging ayam masak bumbu kuning

Sensasi cita rasanya begitu menggoda. Tekstur daging ayam begitu empuk dan menyatu dengan rasa rempah khas Indonesia. Itu lantaran resep daging ayam masak bumbu kuning ini dimasak dengan cara mengeringkan kuah hingga meresap ke dalam daging ayam.

Di samping itu, ada juga rasa pedas yang sedikit menonjol. Sebab, selain cabai, resep daging ayam masak bumbu kuning juga memakai merica dan jahe. Selain lezat, pastinya sajian kuliner ini juga dapat menghangatkan organ dalam tubuh.

Bila ingin merasakan sensasi kelezatannya, berikut ini resep daging ayam masak bumbu kuning. Silakan simak resep daging ayam bumbu kuning di bawah ini dengan teliti. Sebab, ada beberapa bahan yang takaran atau jumlah dapat disesuaikan dengan selera Anda. Resep daging ayam masak bumbu kuning ini setara 6-8 porsi.


Bahan utama untuk membuat daging ayam masak bumbu kuning:
1.   500 gram daging ayam, dipotong menjadi 6-8 bagian.
2.   100 gr bumbu dasar kuning. Jika tak sempat mengolahnya sendiri, Anda juga bisa beli bumbu kuning kemasan. Di pasar bumbu kuning banyak dijual.
3.   500 mililiter santan dari 1 butir kelapa.
4.   250 gram wortel, dipotong dengan ukuran sesuai selera. Anda juga bisa memakai wortel atau sayuran yang punya tekstur keras.

Bumbu penguat rasa untuk membuat daging ayam masak bumbu kuning:
1.   3 lembar daun salam.
2.   5 lembar daun jeruk.
3.   2 batang serai, dimemarkan.
4.   2 sentimeter jahe, dimemarkan.
5.   3 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
6.   2 sentimeter kencur, dimemarkan.
7.   Garam secukupnya.
8.   Merica bubuk secukupnya.
9.   Gula pasir secukupnya.
10. 3 buah cabai merah besar, iris tipis bentuk serong.
11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bahan bumbu kuning untuk membuat daging ayam masak bumbu kuning:
1.   300 gram bawang merah.
2.   200 gram bawang putih.
3.   100 gram kunyit, dibakar.
4.   Garam secukupnya.
5.   Merica utuh secukupnya.
6.   200 mililiter air.
7.   2 helai daun salam.
8.   3 helai daun jeruk.
9.   2 sentimeter jahe, dimemarkan.
10. 2 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
11. Cara membuat bumbu kuning: haluskan (memakai ulekan atau blender) bawang merah, bawang putih, kunyit, garam dan merica. Tungkan air aduk hingga rata. Siapkan minyak goreng, tumis semua bumbu yang dihaluskan, setelah tercium bau harum, segera masukkan daun salam, daun jeruk, jahe dan lengkuas. Tumis hingga semua bahan hasul matang. Pindah ke dalam wadah dan normalkan suhunya.


Tips memasak daging ayam bumbu kuning:
1.   Setelah menuangkan santan, segera kecilkan api kompornya. Ini dimaksudkan agar santan dan daging ayam tidak mudah gosong sehingga mengurangi cita rasanya.
2.   Usahakan memasukkan buncis di saat-saat terakhir, sehingga tekstur buncis masih terasa saat dimakan.
3.   Bila ingin merasakan sensasi yang berbeda, Anda juga bisa menggoreng daging ayam masak bumbu kuning yang telah matang tadi.


Cara membuat daging ayam masak bumbu kuning:
1.   Panaskan minyak goreng. Setelah panas tumis bumbu kuning dan segera masukkan daging ayam yang telah dipotong-potong tadi.
2.   Setelah tercampur rata, tuangkan santan. Diaduk-aduk sebentar.
3.   Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, kencur, garam, merica, dan gula pasir. Masak dengan memakai api kecil sampai daging matang dan kuahnya menyusut.
4.   Saat kuah setengah menyusut, masukkan buncis dan cabai merah, masak sebentar hingga kuah yang berasal dari santan, menyusut.
5.   Matikan apinya, daging ayam bumbu kuning siap disajikan.

Adapun resep daging ayam masak bumbu kuning ini setara buat 4 porsi atau lebih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel