Resep Kue Renyah Udang Keju


Loading...
Resep masakan Eropa atau western food yang satu ini sangat simpel. Cita rasanya yang renyah dan gurih mampu menggugah selera. Sepertinya, resep masakan barat yang satu ini sangat cocok disajikan sebagai menu makanan pembuka. Namun, disajikan sebagai menu utama sarapan juga cocok, karena resep masakan barat ini juga cukup mengenyangkan bila dimakan lebih dari 3-4 potong. Namanya adalah resep kue renyah udang keju.

Kue yang dipakai pada menu ini adalah baguette. Di Indonesia baguette familier disebut roti perancis. Sengaja jenis roti ini yang dipilih karena teksturnya yang unik. Bila tak dipanggang, roti ini bertekstur keras dan liat. Tapi, setelah dipanggang beberapa menit, tekstur roti perancis berubah menjadi renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalam, dengan cita rasa yang hampir tawar.

Tapi, justru dengan rasanya yang hapir tawar itu, menjadikannya cocok dipadukan dengan bahan makanan apa saja. Tak terkecuali, udang dan keju. Udang dan keju yang punya cita rasa gurih menjadi sangat menonjol pada resep ini.

Mau mencoba? Simak resep kue renyah udang keju berikut itu. Penting juga menyimak tipsnya. Resep ini setara 10 porsi.


Bahan utama resep kue renyah udang keju:
1. 1 buah baguette (ukuran besar), potong menjadi 20 bagian.
2. 500 gram udang ukuran sedang-besar, singkirkan kulitnya hingga pangkal ekor dan kepala.
3. 200 keju mudah meleleh.

Bahan penguat rasa untuk membuat atau mengolah resep kue renyah udang keju:
1. Margarin atau mentega secukupnya.
2. Keju parut secukupnya.
3. 5 helai daun seledri.
4. Garam secukupnya.
5. Gula pasir secukupnya.
6. Merica bubuk, secukupnya.
7. 100 mililiter mayonise.
8. 1 buah jeruk nipis. Anda juga boleh memakai lemon
9. 100 mililiter susu cair. Anda bisa juga memakai susu krim yang teksturnya lebih kental.


Tips membuat atau mengolah resep kue renyah udang keju:
1. Balur udang dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
2. Saat memasak saus keju, disarankan untuk teliti saat membuatnya. Sebab, adonan saus ini gampang gosong.


Cara membuat atau mengolah resep kue renyah udang keju:
1. Kali pertama, masukkan susu cair ke panci. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk. Setelah keluar uap (sebelum mendidih), segera masukkan keju quick melt. Aduk terus sampai semua bahan tercampur. Beri penguat rasa dengan menambahkan garam, gula dan merica bubuk secukupnya. Aduk kembali hingga mendidih, matikan apinya. Masukkan mayones, aduk kembali hingga rata, sisihkan.
2. Siapkan udang yang telah dibersihkan. Goreng menggunakan minyak yang panas dan banyak hingga berubah warna, angkat, tiriskan, sisihkan. 
3. Ambil baguette yang telah dipotong-potong kemudian olesi mentega/margari di samua permukaannya. Tabur seledri cincang di bagian atas. Panggang memakai oven dengan suhu 180 derajat selsius (selama 5 menit) atau panggang dengan wajan datar hingga berubah warna, sisihkan. Sebelum dipakai, permukaan wajan dioles mentega atau margarin agar tidak lengket.
4. Terakhir adalah penyajian. Siapkan wadah saji, susun baguette kemudian letakkan udang goreng di atasnya. Siram dengan saus keju. Tabur dengan irisan daun seledri dan keju yang sudah diparut. Kue renyah udang keju siap dinikmati.

Adapun resep kue renyah udang keju ini cukup untuk berdelapan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel