Resep Sambal Tumpang Ayam Goreng Kampung


Loading...
Resep sambal tumpang ayam goreng ini adalah salah satu resep tradisional masakan khas nusantara (Indonesia). Entah siapa yang kali pertama menciptakan dan dari daerah mana asal sambal tumpang ini.

Sementara, banyak masyarakat di beberapa daerah yang mengklaim bahwa sambal tumpang adalah sajian kuliner khas daerahnya masing-masing, dengan berbagai alasan, tentunya. Perlu diketahui, sambal tumpang adalah menu masakan yang diolah dari tempe (kedelai yang diberi ragi) dan berbagai bumbu rempah serta santan.

Tapi, yang jelas menu masakan yang berbahan utama tempe ini menyimpan cita rasa yang kuat. Tempe yang dipakai bukan sebarang tempe, melainkan tempe yang hampir busuk (tempe semangit, begitu masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa menyebutnya).

sambal tumpang

Peran dari tempe semangit inilah yang memberikan kekuatan pada aroma serta cita rasa sajian kuliner sambal tumpang. Dipadukan dengan ayam goreng, cita rasa sambal tumpang ayam goreng begitu menggoda selera.

Tertarik mencoba? Simak resep sambal tumpang ayam goreng berikut ini. Penting juga membaca tips memasak sambal tumpang ayam goreng. Resep ini setara 4-6 porsi.


Bahan utama untuk membuat sambal tumpang ayam goreng kampung:
1. 250 gram (2 lembar) tempe semangit. Dikukus hingga matang, kemudian ditumbuk kasar, sisihkan. 2. Tempe ini biasa dijual di pasar-pasar tradisional. Bila masih juga kesulitan mendapatkannya, baca cara membuat tempe semangit di bagian tips.
3. 0,5 ekor ayam kampung, dicuci bersih, dipotong-potong menjadi 4 atau 6 bagian.
4. Rambak (kulit sapi yang dikeringkan) secukupnya.

Bahan pelengkap untuk membuat sambal tumpang ayam goreng kampung:
1. 5 utas kacang panjang, dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera.
2. 0,25 ikat bayam, petik daunnya, masukkan ke dalam air mendidih, rendam hingga agak layu.
3. 100 gram taoge, masukkan ke dalam air mendidih, rendam hingga agak layu.
4. 0,25 ikat kangkung, petik daunnya, masukkan ke dalam air mendidih, rendam hingga agak layu.
5. Kol secukupnya, dicuci bersih, iris tipis-tipis.
6. Aneka sayuran yang dipakai dapat disesuaikan dengan selera Anda. Tapi, tidak disarankan memakai jenis sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kentang.

Bahan penguat rasa untuk membuat sambal tumpang ayam goreng kampung:
1. 5 buji petai, belah menjadi 2 bagian. Petai adalah salah satu jeni sayuran yang berfungsi untuk memperkuat rasa. Anda juga boleh tidak memakainya.
2. 2 sentimeter kecur, dimemarkan.
3. 3 sentimeter jahe, dimemarkan.
4. 2,5 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
5. 10 cabai rawit utuh. Anda boleh menambah atau mengurangi jumlah cabai sesuai selera.
6. 100 gram udang, singkirkan kulit, kepala dan ekornya.
7. 2 lembar daun salam.
8. 2 lembar daun jeruk.
9. 0,25 liter santan dari satu butir kelapa.
10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam.
11. 5 siung bawang pituh dihaluskan. (Dihaluskan terpisah, beri air, garam dan merica bubuk secukupnya)

Bahan yang dihaluskan untuk membuat sambal tumpang ayam goreng kampung:
1. 5 buah cabai merah besar dan 8 buah cabai rawit merah. Anda boleh menambah atau mengurangi jumlah cabai sesuai selera.
2. 8 siung bawang merah.
3. 6 siung bawang putih.
4. 3 butir kemiri, disangrai.
5. Gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya.
6. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.


Tips memasak sambal tumpang ayam goreng kampung:
1. Membuat tempe semangit: beli tempe yang masih segar dipasar. Diamkan 1 sampai 2 hari di ruang terbuka. Jadilah tempe semangit. Indikasinya: warna permukaan tempe putih kekuningan.
2. Agar teksturnya tidak liat, pilih ayam kampung muda. Bila terpaksa memakai ayam kampung dewasa, sebelum digoreng rebus ayam kampung dengan air yang telah dicampur bumbu.
3. Pada dasarnya, cita rasa yang juga identik pada sambal tumpang adalah pedas. Jadi, bila ada anggota keluarga Anda yang tidak suka pedas, jumlah cabai yang dihaluskan setelah dikukus dapat dikurangi dan menambah jumlah cabai utuh.
4. Saat menumis perhatikan besar kecilnya api agar tidak sampai gosong.
5. Saat merebus aneka sayuran, meskipun direbus hingga agak layu, tapi usahakan hasil rebusan tidak menghilangkan tekstur renyah dan cita rasa segar dari sayuran itu sendiri.


Cara memasak sambal tumpang ayam goreng kampung:
1. Balur ayam dengan air bawang yang telah dicampur dengan garam dan merica. Siapkan minyak goreng cukup banyak, goreng ayam dengan minyak goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
2. Sebelum proses lebih lanjut, bahan yang dihaluskan dikukus terlebih dahulu hingga lunak. Setelah lunak, tiriskan dari uap air dan haluskan bersama kemiri dan kencur.
3. Tumis bahan yang telah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan udang dan petai. Tumis hingga berubah warna. Berikutnya, masukkan daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas. Tumis beberapa saat, kemudian tempe. Tumis hingga tercampur rata.
4. Tuangkan santan dan rambak serta masukkan cabai utuh, tambah gila pasir, garam dan merica bubuk. Masak hingga mendidih, kuahnya agak mengental dan rambak menjadi lunak. Sambal tumpang siap disajikan.
5. Siapkan wadah saji, letakkan ayam goreng di atasnya. Taburkan aneka sayuran yang telah disiapkan tadi, kemudian siram dengan sambal tumpang. Sambal tumpang ayam goreng kampung siap dinikmati.

Terima kasih telah membaca artikel resep sambal tumpang ayam goreng kampung.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel