Resep Sate Bumbu Bacem Khas Warung Angkringan


Loading...
Menu ini adalah menu wajib warung angkringan (sebuah warung yang menyajikan makanan di atas gerobak). Mungkin, warung angkringan di seantero nusantara (Indonesia) tidak ada yang tidak menyajikan menu sate bumbu bacem (bumbu suatu masakan yang menonjolkan cita rasa manis dan gurih) ini. Membuat sate bumbu bacem memang mudah. Tinggal baca daftar resep sate bumbu bacem. Lalu, tinggal haluskan bumbu-bumbunya, tambahkan bahan yang lain, direbus bersama bahan utama, kemudian disematkan pada bambu yang tipis, jadilah sate bumbu bacem.

Tapi, cita rasa sedap dan lezat belum tentu sebanding dengan yang ada di warung angkringan. Sebab, ada trik dan cara khusus untuk membuat sate bumbu bacem agar cita rasa sedap dan lezat setara dengan yang ada di warung angkringan.

Mau tahu trik dan caranya? Simak resep sate bumbu bacem berikut ini. Bahan baku utamanya adalah jeroan ayam. Penting juga membaca tips memasak sate bumbu bacem. Resep ini setara untuk 20 tusuk sate bumbu bacem.


Bahan utama untuk membuat sate bumbu bacem:
1. 500 gram jeroan ayam.
2. 2 lembar daun salam.
3. 1 sentimeter lengkuas, bakar, kemudian memarkan.
4. 1 liter air. Bila ingin mendapatkan cita rasa yang khas gunakan air kelapa.
5. 120 gram gula merah.
6. Kecap manis secukupnya.
7. Minyak goreng secukupnya.
8. Gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya.

Bahan yang dihaluskan untuk membuat sate bumbu bacem:
1. Jahe seukuran 1 ruas jari.
2. 10 siung bawang merah.
3. 5 siung bawang putih.
4. Sejumput ketumbar.
5. 3 batang serai, gunakan bagian yang berwarna putih, dimemarkan.
6. Tusuk sate secukupnya.
7. Minyak goreng secukupnya.


Tips memasak sate bumbu bacem:
1. Setelah dicuci bersih, balur jeroan ayam dengan air jeruk nipis, biarkan lebih kurang selama 15 menit agar bau amisnya hilang.
2. Tahap menggoreng pada resep ini punya peran pinting. Proses ini yang membuat cita rasa sate bertambah sedap dan lezat. Proses menggoreng dengan minyak goreng membuat bumbu bacem semakin meresap.


Cara memasak sate bumbu bacem:
1. Siapkan panci. Tungkan air ke dalamnya. Kemudian, rebus bersama jeroan ayam, gula merah, bahan yang telah dihaluskan, kecap manis, daun salam dan lengkuas. Tambahkan juga gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya. Tutup pancinya, rebus hingga air menyusut 70 persen. Buka tutupnya, biarkan hingga suhunya normal.
2. Ambil tusuk sate. Semat jeroan ayam yang telah diberi bumbu.
3. Siapkan wajan berisi minyak goreng. Panaskan. Setelah panas celupkan sate yang telah ditusuk pada tusuk sate ke dalam minyak panas lebih kurang 2 menit, angkat dan tiriskan.
4. Sate bumbu bacem siap disantap. Pertimbangkan juga untuk menyimak resep bacem jeroan sapi tradisional serta resep bacem ayam goreng enak.

Adapun resep sate bumbu bacem khas warung angkringan ini setara buat 4 porsi atau lebih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel