Trik Membersihkan Buah dan Sayuran Tanpa Cairan Kimia Berbahaya


Loading...
Di luaran sana banyak produsen yang menawarkan berbagai produk cairan pembersih piring dan perkakas dapur lainnya yang diklaim aman bila juga digunakan untuk membersihkan buah dan sayuran. Bagaimanapun juga, cairan tersebut menimbulkan busa.

Lalu, yang jadi pertanyaan, busa tersebut muncul dari mana? Yang selama ini diketahui secara umum, munculnya busa itu berasal dari zat deterjen yang notabene tidak bersahabat bila masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh.


Efeknya memang tidak seketika, tapi berakumulasi. Maksudnya, dampak negatif terhadap tubuh baru terasa, bila zat tersebut masuk ke dalam sistem pencernaan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Pastinya, hampir setiap orang tidak mau mempertaruhkan kesehatannya untuk hal konyol tersebut.

Untuk menyiasati kekhawatiran tersebut, ada sebuah trik yang dapat Anda terapkan untuk membersihkan buah dan sayuran dengan cara yang lebih aman. Tentunya, cara ini tak akan menimbulkan kekhawatiran terkait masalah kesehatan. Pasalnya, bahan yang digunakan adalah bahan makanan.

Biaya untuk menerapkan trik ini juga tidak mahal. Bahkan, tergolong lebih murah dibanding harga 1 kemasan sabun atau cairan pembersih perkakas dapur. Anda hanya cukup menyediakan jeruk nipis dan cuka, serta beberapa alat dan bahan lainnya.

Berikut ini penjelasan tentang cara membuat cairan pembersih buah dan sayuran yang aman buah kesehatan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.


Bahan yang harus disiapkan:
1.   2 buah jeruk nipis, peras airnya.
2.   50 mililiter air cuka.
3.   50 mililiter air putih.
4.   Air dingin secukupnya untuk membilas.

Alat yang harus disediakan:
1.   Botol spray.
2.   Kain lap bersih.


Cara membuat dan penerapannya:
1.   Masukkan air jeruk nipis, air cuka, dan air putih ke dalam botol spray, kocok supaya tercampur rata.
2.   Semprotkan ke arah buah dan sayuran yang akan dibersihkan sampai merata.
3.   Usap dengan kain lap.
4.   Cuci dengan air dingin.
5.   Buah dan sayuran sudah siap dihidangkan atau diolah menjadi makan atau camilan.

Buah dan sayuran yang sudah aman dikonsumsi ini tentunya dapat digunakan untuk berbagai resep masakan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel