Resep dan Cara Memasak Rajungan Asam Manis Spesial


Loading...
Resep asam manis memang selalu enak digunakan untuk bahan makanan apa saja. Tak terkecuali rajungan. Kali ini saya akan berbagi resep yang lengkap dengan cara memasak rajungan asam manis.

Asal tahu saja, koleksi aneka masakan rajungan yang ada di County of Food sudah cukup banyak. Pada lain kesempatan, juga sudah pernah di bahas resep perkedel rajugan sederhana enak bikin ketagihan dan resep rajungan pedas masak rica-rica spesial daun kemangi.

Dari hasil mengaplikasikan resep dan cara membuat rajungan asam manis spesial ini nantinya sangat cocok dihidangkan sebagai menu makan siang atau makan malam. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga dihidangkan sebagai menu sarapan.


Kalau ingin mendapatkan rajungan asam manis yang benar-benar spesial, disarankan untuk menggunakan rajungan yang masih dalam kondisi segar. Selain baunya tidak terlalu amis, Anda bakal merasakan manisnya daging rajungan. Simak baik-baik penjelasan resep serta cara membuatnya supaya hasilnya memuaskan.


Bahan:
1. 600 gram rajungan, cuci bersih, masing-masing dibelah menjadi 2 bagian. Sebelumnya, aplikasikan trik menghilangkan bau amis rajungan dengan cara mudah dan praktis terlebih dahulu.
2. 350 mililiter air putih.
3. Larutan tepung sagu yang dibuat dari 1 sendok teh tepung sagu dan 0,5 sendok makan air putih.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu:
1. 2 siung bawang putih, dimemarkan.
2. 1 siung bawang bombay, iris tipis.
3. 100 gram saus tomat.
4. 1 sendok teh kecap manis.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
6. 1 sendok makan air jeruk lemon. Bisa juga diganti dengan 0,75 sendok teh air jeruk nipis.


Cara membuat rajungan asam manis yang spesial:
1. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng rajungan sampai berubah warna, angkat, tiriskan, sisihkan.
2. Panaskan kembali minyak sayur untuk menumis. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan kecap manis, saus tomat, aduk rata. Tuangkan air putih, masak sampai mendidih, kecilkan api kompornya.
3. Masukkan rajungan, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, aduk rata. Tuangkan larutan tepung sagu, aduk sampai mengental dan meletup-letup, angkat.
4. Susun di wadah saji, rajungan asam manis yang spesial siap dihidangkan bersama resep tumis brokoli saus tiram atau resep tumis sawi putih spesial udang dan jamur.

Jangan beranjak dulu karena masih banyak aneka masakan rajungan yang tak kalah spesial. Seperti;

Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel