Nggak Perlu Belepotan, Pakai Cara Ini, Kita Pun Bisa Membuat Telur Asin Masir, Meski Pakai Telur Ayam Sekalipun


Loading...
Telur asin merupakan salah satu kuliner tradisional yang cukup populer di masyarakat. Konon, telur asin paling enak adalah yang berasal dari Brebes.

telur asin

Telur asin Brebes memang terkenal enak. Selain rasanya yang gurih, tekstur kuning telur asin Brebes terasa masir dan berwarna jingga cerah.

Untuk mendapatkan cita rasa yang seenak itu, proses pembuatan telur asin Brebes memang cukup lama. Ditambahkan lagi para pembuatnya juga harus rela belepotan karena telur harus dilumuri dengan lumpur abu gosok terlebih dahulu.

Sepertinya Anda tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Brebes atau harus repot mencari telur asin asli Brebes, kalau Anda tahu cara membuat telur asin yang akan dibahas County Food kali ini.

Dengan cara ini Anda juga tak perlu belepotan. Apalagi harus kotot-kotoran mengambil tanah liat atau abu gosok. Hasilnya pun luar biasa, walau memakai telur ayam sekalipun, kuning telurnya pasti juga bakal masir.

Penasaran? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.


Bahan:
1. 20 butir telur bebek, cuci hingga bersih dengan air mengalir.
2. 1 kilogram garam.
3. 2 liter air putih.


Cara membuat:
1. Rebus air sampai menguap.
2. Tambahkan garam, masak sambil diaduk sampai larut dan biarkan mendidih, angkat, dinginkan.
3. Masukkan telur bebek ke dalam wadah, tuangkan larutan air garam, simpan di dalam ruangan yang minim cahaya selama 21 hari.
4. Setelah tiba waktunya, tirisakan telur bebek dari larutan garam.

Nah, sampai di sini telur asin sudah siap diolah. Anda bisa merebus atau mengolahnya menjadi berbagai masakan. Seperti udang saus telur asin atau yang lain. Ini beberapa referensinya;
1. Resep ayam goreng saus telur asin pedas super gurih.


2. Resep udang saus telur asin pedas spesial.



Selain telur bebek, tentunya cara ini juga dapat diaplikasikan untuk telur ayam. Tapi, hasilnya tentu saja lebih gurih jika menggunakan telur bebek. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel