Sensasi Randa Royal yang Menggoda Selera


Loading...
Makanan dari genre camilan ini pastinya sudah akrab di telinga masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Jawa Tengah. Namanya adalah Randa Royal. Meski tak mencerminkan namanya, tapi yang pasti, kelezatannya tak perlu diragukan.

Ditelisik dari namanya, randa berarti janda. Sedangkan royal artinya foya-foya. Jadi randa rayal adalah janda yang suka berfoya-foya. Kata randa dan royal berasal dari bahasa jawa.

Entah kenapa camilan ini disebut demikian. Padahal, makanan ini boleh dinikmati siapa saja, tak hanya janda. Dari tekstur dan tampilan dalam penyajiannya, pun tak menggambarkan ekspresi janda yang baru diceraikan atau ditinggal mati sang suami.

Tak banyak orang yang tahu hal apa yang melatarbelakangi camilan ini sampai dinamai randa royal.

Bahan utama camilan ini adalah tape singkong. Anda bisa mendapatkan tape singkong di pasar atau super market. Tapi, pilih tape singkong yang berkualitas baik. Sebab, cita rasa randa royal bertumpu pada tape singkong yang digunakan.

Tape singkong yang berkualitas baik adalah yang punya rasa manis dan segar khas dari hasil fermentasinya. Kedua rasa tersebut yang membuat camilan ini punya cita rasa yang khas.

Cara membuatnya cukup mudah. Tape singkong dihaluskan terlebih dahulu. Setela itu bentuk bulatan-bulatan yang sama ukurannya. Kemudian pipihkan.

Lupakan sejenak tape singkong. Ambil tepung gandum. Ambil sedikit gula dan garam. Gunakan air secukupnya untuk mengaduk semua bahan hingga tercampur merata. Jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih, taburkan sedikit bubuk vanili atau gunakan air sari daun pandan untuk mencampur gandum, garam dan gula.

Setelah itu, ambil tape singkong yang telah dibentuk pipih tadi. Kemudian celupkan ke dalam adonan tepung. Tapi, terlebih dahulu siapkan minyak panas. Goreng tape singkong yang telah dicelup ke dalam adonan tepung hingga berwarna kuning kecokelatan.

Jaga agar minyak goreng dalam kondisi tetap panas. Proses menggoreng dengan minyak yang panas akan menambah nikmat cita rasa randa royal. Minyak yang benar-benar panas membuat tekstur adonan gandum yang melapisinya akan terasa garing dan renyah.

Tak berhenti di situ. Anda juga dapat berkreasi dalam menyajikan randa royal. Taburan gula halus atau sisipkan beberapa cokelat keping di dalam randa royal akan menambah sensasi rasanya. Paduan rasa tape singkong yang manis dan cokelat akan terasa sangat nikmat. Sebagai referensi, Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan resep tape goreng spesial isi cokelat serta resep tape goreng isi keju. Kedua resep camilan tersebut cukup mudah untuk diaplikasikan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel