Resep Ayam Goreng Kampung Urap Sambal Balado Spesial


Loading...
Menu ayam goreng sudah pasti banyak yang suka. Selain cita rasanya yang nikmat, harga daging ayam juga relatif terjangkau. Oleh sebab itu banyak resep masakan yang memakai daging ayam sebagai bahan baku utamanya.

Apalagi bila jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Sama dengan resep yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Yaitu, resep ayam goreng kampung urap sambal balado spesial. Resep ini memadakan cita rasa gurih daging ayam goreng kampung yang dan cita rasa pedas sambal balado.

ayam goreng kampung urap sambal balado

Adapun sambal balado adalah sebuah menu masakan yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, bawang merah dan beberapa bahan lain. Karena menggunakan cabai, sudah tentu menu masakan ini menonjolkan cita rasa pedas.

Dibanding dengan jenis ayam lainnya, ayam kampung punya cita rasa yang lebih gurih. Teksturnya juga lebih kuat. Dicampur dengan sambal balado spesial, cita rasanya sudah dapat dipastikan bakal menggoda selera. Ingin mencoba? Simak resep ayam goreng kampung urap sambal balado spesial berikut ini. Penting juga menyimak tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep ayam goreng kampung urap sambal balado spesial:
1. Setengah ekor ayam, potong menjadi empat bagian.
2. 5 siung bawang putih.
3. 5 siung bawang merah.
4. Garam secukupnya.
5. 1 sendok teh gula pasir.
6. Merica bubuk secukupnya.
7. 1 sendok makan ketumbar.
8. 1 sentimeter kunyit.
9. 1 batang serai, dimemarkan.
10. 2 lembar daun jeruk.
11. Sambal balado secukupnya.
12. Minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng.
13. Bawang goreng secukupnya.
14. 500 mililiter air.


Tips membuat atau mengolah resep ayam goreng kampung urap sambal balado:
1. Baluri daging ayam memakai air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
2. Saat menggoreng, gunakan minyak yang benar-benar panas dan dengan api yang besar. Setelah bagian permukaannya berwarna kuning kecokelatan segara diangkat.


Cara membuat atau mengolah resep ayam goreng kampung urap sambal balado:
1. Haluskan bawang putih bersama bawang merah, garam, gula pasir, merica, ketumbar dan kunyit. Tumis bersama serai dan daun jeruk memakai minyak goreng secukupnya hingga harum. Tambahkan air, lalu masukkan potongan ayam. Rebus hingga air mengering, matikan api kompornya.
2. Goreng ayam memakai minyak goreng yang cukup banyak. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, kemudian tiriskan.
3. Urap dengan sambal balado yang telah dipanaskan dengan cara ditumis memakai mentega atau minyak goreng. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Adapun resep ayam goreng kampung urap sambal balado spesial ini setara buat 4 porsi atau lebih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel