Skip to main content

Resep Babat Goreng Gongso Kemangi

Resep babat goreng gongso daun kemangi merupakan resep khas masyarakat jawa. Yang dimaksud gonso adalah memasak dengan cara ditumis. Resep ini kerap berhasil meningkatkan selara makan pecinta kuliner yang menonjolkan cita rasa pedas. Dimakan dengan nasi putih hangat, menu ini sudah terasa istimewa. Apalagi, bila ditambah lalapan ketimun dan daun kemangi. Bau sajian kuliner bergenre cita rasa pedas ini bakal semakin sedap.

Mau coba? Silakan simak resep babat goreng gongso (tumis) kemangi berikut ini. Penting juga menyimak tipsnya.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep babat goreng gongso (tumis) kemangi:
1. 500 gram babat, cuci bersih, direbus hingga empuk, kemudian dipotong-potong.
2. 12 buah cabai merah.
3. 5 buah cabai rawit.
4. 3 buah tomat sayur.
5. 3 siung bawang putih.
6. 6 siung bawang merah.
7. 2 lembar daun jeruk.
8. 1 ikat daun kemangi, petik daunnya.
9. Gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya.
10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis.
11. 1 sendok makan terasi yang sudah digerus dan digoreng.
12. 3 sendok makan gula jawa (merah) yang sudah digerus.
13. 2 batang ketimun, diiris denga ketebalan sesuai selera.


Tips membuat atau mengolah resep babat goreng gongso kemangi:
1. Setelah dicuci bersih, balur babat dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
2. Anda boleh tidak menumis daun kemangi bersama sambal dan babat goreng atau hanya menggunakan daun kemangi sebagai bahan pelengkap saja.
3. Jumlah cabai yang dipakai boleh disesuaikan selera.


Cara membuat atau mengolah resep babat goreng gongso (tumis) kemangi:
1. Kukus cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah dan terasi hingga layu.
2. Panaskan minyak goreng secukupnya.
3. Goreng babat yang sebelumnya telah direbus, angkat dan tiriskan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengoreng babat tidak lebih dari 1 menit, sambil diaduk-aduk. Proses ini dilakukan untuk menambah cita rasa gurih pada babat.
4. Haluskan bahan yang telah dikukus dan tambahkan minyak goreng yang sebelumnya telah dipakai untuk menggoreng babat.
5. Tambahkan gula jawa (merah), gula pasir, garam dan merica, haluskan hingga semua bahan benar-benar halus.
6. Panaskan minyak goreng untuk menumis.
7. Tumis bahan yang telah dihaluskan dan daun jeruk hingga mendidih, matikan api kompornya. Nah, sekarang sudah jadi sambal untuk membuat babat goreng gongso kemangi.
8. Cara penyajian: Panaskan sedikit minyak goreng. Tumis sambalnya bersama babat yang sebelumnya telah digoreng secukupnya saja, bergantung berapa porsi yang ingin Anda sajikan. Tambahkan daun kemangi, tumis hingga daun kemangi layu. Sajikan bersama ketimun dan nasi putih hangat. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep bacem jeroan sapi tradisional serta resep soto madura spesial daging dan jeroan sapi.

Adapun resep babat gongso kemangi ini setara buat 4 porsi atau lebih.

loading...

loading...

Popular posts from this blog

Sederhana Tapi Enak, Begini Cara Membuat Ayam Geprek!

Belakangan ini ayam geprek mencuat menjadi kuliner favorit banyak orang. Meski tergolong kuliner sederhana, cita rasa ayam geprek tak kalah enak dengan kuliner lain semacamnya. Sebut saja, ayam penyet atau ayam goreng Lamongan.

Ayam geprek sendiri adalah kuliner yang terdiri atas ayam goreng yang dimemarkan (digeprek) sampai menjadi suwiran kasar dan dicampur dengan sambal. Anda yang suka dengan masakan pedas, pasti bakal dimanjakan oleh kuliner tradisional yang kini tengah populer itu.


Anda juga bisa membuat ayam geprek sendiri di rumah. Cara membuatnya sangat mudah, tapi prosesnya memang cukup panjang. Anda harus memasak ayam goreng terlebih dahulu sebelum meng-geprek-nya dengan sambal.

Nah, kalau ingin membuat ayam geprek sederhana dan hasilnya dijamin enak, begini caranya.


Bahan membuat ayam geprek:
1. 500 gram ayam, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 400 mililiter air putih.
3. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu ayam geprek:
1. 2 lembar daun salam.
2. 2 batang ser…

Resep Cara Membuat Sempolan Sederhana (Tanpa Daging) Enak Banget

Bak jamur di musim penghujan, belakangan ini mulai banyak muncul pedagang sempolan di pinggir jalan. Mungkin juga karena banyak penggemarnya. Kalau soal rasa sih memang enak.
Yang menarik presentasi sempolan ini mirip sekali dengan sate lilit. Nah, kalau mau makan sempolan, sepertinya Anda tak perlu beli, karena bisa membuat sendiri di rumah. Kali ini County of Food akan mengawalinya dengan resep sempolan sederhana lengkap dengan cara membuatnya. 
Sempolan sederhana ini dibuat tanpa daging. Tapi, aroma dagingnya tetap ada karena menggunakan kaldu bubuk (instan). Tentu rasanya enak banget.

Bahan untuk membuat adonan sempolan sederhana (tanpa daging) enak banget: 1. 100 gram tepung terigu. 2. 200 gram tepung tapioka. 3. 1 utas daun bawang, iris tipis. 4. 100 mililiter air putih.

Bumbu sempolan sederhana (tanpa daging) enak banget: 1. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya. 2. 1 sendok teh kaldu bubuk instan.
Bumbu yang dihaluskan: 1. 4 siung bawang putih. 2. 6 siung bawang mer…

Resep Saus Pempek atau Empek-empek Palembang Original

Bila telah menjadi pengunjungCounty Food setia, pasti hari ini Anda sudah menguasai resep pempek. Nah, hari ini giliran resep saus pempek atau empek-empek Palembang original yang akan dibahas. Saus ini memiliki peran yang sangat penting untuk pempek atau empek-empek palembang.

Apalagi, bila Anda menginginkan cita rasa yang original. Pasalnya, seenak apapun pempek yang Anda makan, bila tidak dilengkapi dengan sausnya, cita rasa makanan khas masyarakat Palembang ini pasti belum istimewa.

Soal bagaimana membuatnya? resep saus pempek boleh dibilang sangat gampang dan praktis. Sama mudahnya dengan ketika Anda harus mengaplikasikan resep asam padeh ikan kembungatau resep udang saus tiram pedas menggoda selera.
Ingin tahu cara membuatnya? Silakan simak resep saus pempek atau empek-empek Palembang original berikut ini hingga tuntas supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab, selain daftar bahan dan cara membuatnya, Anda juga wajib mengetahui tips dan penjelasan tambahan pada pa…

Resep Cara Membuat Kerupuk Tepung Terigu Renyah Enak

Kalau suka kerupuk gandum alias tepung terigu, sepertinya Anda perlu beli lagi. Soalnya, Anda bisa mempelajari resep dan cara membuatnya di sini.
Bahan yang dibutuhkan untuk mengaplikasikannya juga mudah didapat. Selain itu, cara membuatnya juga sangat mudah. Tapi, prosesnya memang cukup panjang. Soalnya, adonan kerupuk tepung terigu harus dikukus supaya matang. Setelah itu, dijemur sampai kering. Kemudian baru bisa digoreng.
Begini penjelasan selengkapnya.

Bahan untuk membuat adonan kerupuk tepung terigu yang renyah dan enak: 1. 0,5 kilogram tepung terigu. 2. 275 mililiter air putih. 3. Minyak sayur untuk menggoreng.
Bumbu yang dihaluskan: 1. 3 siung bawang putih. 2. Garam dan lada putih bubuk secukupnya. 3. 0,5 sendok teh penyedap rasa.

Tips: 1. Pastikan proses penjemuran dilakukan sampai irisan adonan kerupuk tepung terigu kering. 2. Bila suka, tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan ketumbar bila suka.

Cara membuat kerupuk tepung terigu renyah enak: 1. Larutkan 50 gram tepung ter…

Resep Perkedel Tahu dan Wortel Dijamin Lezat

Perkedel itu tak sebatas perkedel kentang. Tahu dan wortel pun bisa diolah menjadi kudapan seperti perkedel. Soal rasa, dijamin lezat, karena County Food selalu menyajikan resep-resep masakan yang enak dan lezat kepada pembaca setianya.


Selain enak disantap sebagai cemilan, perkedel tahu juga enak buat lauk. Misalnya, sebagai lauk sup ayam maupun soto.

Gimana, sudah tak sabar ingin tahu cara membuatnya ya? Yuk langsung saja lihat uraian lengkap resep serta cara membuat perkedel tahu dan wortel yang hasilnya nanti dijamin lezat.


Bahan:
1. 450 gram tahu cina, dihaluskan.
2. 1 buah wortel, potong dadu kecil-kecil.
3. 1 utas daun bawang, iris tipis.
4. 1 butir telur, kocok lepas.
5. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu (dihaluskan):
1. 2 siung bawang putih.
2. 3 siung bawang merah.
3. 0,24 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai.
4. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
5. 0,25 sendok teh kaldu ayam instan.


Tips:
1. Selain telur ayam, Anda juga bisa menggunakan telur bebek.
2…