Trik Membuat Masakan Tetap Sedap dan Lezat Tanpa MSG (Part 3)


Loading...
Ini adalah bagian ketiga dari trik membuat masakan tetap sedap dan lezat tanpa MSG (Monosidum Glutamate). Bahan yang dipakai pada trik bagian ketiga ini adalah ikan.

Perlu diketahui, cita rasa ikan sebenarnya tak kalah gurih dibandingkan dengan daging atau 3 bumbu dasar seperti, gula, garam dan merica.

Oleh sebab itu, ikan dapat juga digunakan sebagai bahan pengganti MSG yang berperan memberikan cita rasa gurih yang kuat pada setiap masakan.


Tapi, ikan yang dapat diolah menjadi bahan pengganti MSG, tidak sembarang ikan. Pasalnya, tidak semua jenis ikan memiliki cita rasa gurih yang kuat, sehingga dapat diolah menjadi bahan pengganti MSG.

Salah satu jenis ikan yang dapat diolah sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengganti MSG adalah ikan teri. Sebenarnya, secara tidak sadar, trik ini biasa dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga. Misalnya, ketika memasak tumis daun kangkung atau daun pepaya.

Mereka biasa mencampurkan ikan teri ke masakan yang tumis tersebut. Tanpa ditambah MSG, pun cita rasa beberapa masakan tumis tersebut sudah secara otomatis terasa lebih gurih ketimbang tidak diberi ikan teri. Sebab, ikan teri memang mengandung kegurihan cita rasa yang cukup pekat.

Yang jadi persoalan, bagaimana cara memanfaatkan ikan teri sehingga dapat dipakai sebagai bahan pengganti MSG pada setiap masakan. Sepertinya tidak elok, bila ikan teri dicampurkan ke dalam menu masakan sup ayam, semur atau sup, bukan?

Nah, berikut ini cara mengolah ikan teri sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pengganti MSG pada setiap menu masakan:
  1. Siapkan ikan teri sebanyak 500 gram, cuci bersih, tiriskan hingga kering.
  2. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng, panaskan.
  3. Goreng ikan teri dengan minyak hingga benar-benar kering, gunakan api sedang. Angkat, tiriskan.
  4. Haluskan teri goreng dengan cara ditumbuk atau diblander hingga benar-benar halus.
  5. Tuang ke dalam wadah bertutup kedap udara.
  6. Bubuk ikan teri sudah dapat digunakan sebagai bahan pengganti MSG.
  7. Tambahkan bubuk ikan teri ke setiap masakan yang Anda buat. Rasa gurih ikan teri tak kalah dengan MSG. Dan, yang paling penting adalah bubuk ikan teri lebih aman dikonsumsi daripada MSG.

Sebelum mengakhiri, pertimbangkan juga untuk menyimak trik membuat masakan tetap sedap dan lezat tanpa MSG (part 2). Demikian trik membuat masakan tetap sedap dan lezat tanpa MSG (Part 3).
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel