4 Trik Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya (Bag. 4)


Loading...
Daun pepaya memang daun yang spesial. Setidaknya bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pasalnya, tak sedikit aneka masakan enak berbahan daun pepaya.

Seperti, resep urap (gudangan) jawa aneka sayuran versi kering spesial dan resep buntil tahu daun pepaya. Hanya saja, memang tak semua orang tahu bagaimana cara mengolah daun pepaya supaya rasa pahitnya itu hilang.

Padahal, kalau Anda tahu, menghilangkan atau menyingkirkan pahit daun pepaya itu sangat mudah. Ada bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit yang ada pada daun pepaya.



Kalau Anda bandingkan dengan yang sudah dijelaskan pada "4 Trik Menyingkirkan Rasa Pahit Daun Pepaya (Bag. 2)" dan "4 Trik Menyingkirkan Rasa Pahit Daun Pepaya (Bag. 3)", bahan yang dipakai pada bagian keempat ini lebih mudah diperoleh. Sedangkan cara untuk mengaplikasikannya juga lebih mudah.

Garam kasar (krasak)
Bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit daun pisang adalah garam kasar. Oleh sebagai masyarakat Indonesia, garam bertekstur kasar itu lebih familier disebut krasak.

Jenis garam yang dapat dimanfaatkan untuk menyingkirkan rasa pahit daun pepaya memang garam jenis tersebut.

Teksturnya yang kasar dan zat alami yang terkandung di dalam garam, secara alami dapat menghilangkan getah daun pepaya yang membuat rasanya menjadi pahit.

Caranya, masukkan daun pepaya ke dalam wadah. Lalu, tambahkan garam krasak. Remas-remas sampai merata. Setelah itu, cuci bersih.

Rebus daun pepaya dengan air putih dan beberapa sendok garam krasa. Rebus sampai matang, angkat, tiriskan. Setelah itu, cuci dengan air mengalir hingga bersih. Daun pepaya sudah siap digunakan dimasak dan rasanya sudah dipastikan tidak pahit lagi.

Kalau ingin tahu cara yang lebih tradisional, silakan simak "4 Trik Menyingkirkan Rasa Pahit Daun Pepaya (Bag. 1)".

Setelah menguasainya, bisa dijadikan sebagai bekal untuk mengaplikasikan resep tumis bunga & daun pepaya (tidak pahit) khas Manado maupun resep tumis daun pepaya.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel