Resep Sayur Bening Bayam Sambal Ikan Asap Bikin Ketagihan


Loading...
Sayur bening bayam dan sambal ikan asap adalah dua macam resep masakan tradisional masyarakat Jawa yang susah untuk dipisahkan. Keduanya saling melengkapi. Kesegaran rasa sayur bening bayam dan pedasnya sambal ikan asap membuat masakan ini bakal bikin siapa saja ketagihan. Apalagi, kalau dinikmati di siang hari, nafsu makan bakal jadi tambah membuncah.

Soal cara membuatnya, sayur bening dan sambal ikan asap tergolong sangat mudah. Tidak ada teknik memasak yang susah untuk diaplikasikan. Sayur bening bayam hanya menggunaka teknis merebus. Sedangkan untuk membuat sambal ikan asap, kita tinggal menghaluskan aneka bahan dan bumbu sambal yang dibutuhkan. Ikan asapnya juga bisa kita beli di pasar tradisional. Atau, bisa kita pesan terlebih dahulu pada penjual sayur keliling yang biasa lewat di wilayah perumahan kita.


Bahan untuk membuat sayur bening bayam:
1. 1 ikat bayam, petik daunnya saja. Perlu Anda ketahui, bayam juga dapat dibuat aneka makanan istimewa. Seperti, resep bola tahu bayam crispy atau resep mie bayam hijau gampang dibuat.
2. 1 liter air putih.

Bumbu untuk membuat sayur bening bayam:
1. 1 siung bawang putih, iris tipis.
2. 3 siung bawang merah, iris tipis.
3. Temu kunci seukuran 1 sentimeter, iris tipis.
4. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk.
5. Kaldu bubuk instan secukupnya.

Selain sayur bening bayam, County of Food juga merekomendasikan resep sayur bening daun glandir segar praktis dan sehat serta resep sayur bening bayam kacang panjang praktis untuk dipadukan dengan sambal ikan asap.

Bahan untuk membuat sambal ikan asap:
1. 500 gram ikan asap. Jenis ikan asap yang digunakan boleh ikan pari, ikan tongkol, atau yang lain sesuai selera. Asal tahu saja, ikan asap sangat cocok juga dimasak dengan santan. Contohnya, resep sayur mangut super pedas serta resep sayur mangut pedas khas masakan pesisir.
2. Air secukupnya untuk mengukus.

Bumbu untuk membuat sambal ikan asap:
1. 2 siung bawang putih.
2. 6 siung bawang merah.
3. 1,5 sendok teh tarasi.
4. Gula pasir, garam, dan lada putih bubuk secukupnya.
5. 15 buah cabai merah keriting.
6. 8 buah cabai rawit merah.
7. 2 buah tomat merah.

Makanan khas Indonesia memang pedas. Tapi, ada manfaat baiknya juga lho buat Anda yang lagi diet. Soalnya, kapsaisi dalam cabai membuat tubuh langsing.


Cara membuat sayur bening sambal ikan asap yang bisa membuat siap saja jadi ketagihan:
1. Rebus air putih untuk membuat sayur bening bayam. Masukkan bawang putih, bawang merah, dan temu kunci, rebus sampai mendidih. Masukkan bayam dan tambahkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan kaldu bubuk instan, masak sambil diaduk sampai larut dan meletup-letup angkat, sisihkan. Ketika memasak bayam, disarankan jangan sampai overcooking. Sebab, tekstur daun bayam akan menjadi lembek dan tak menyenangkan.
2. Sembari merebus air putih untuk membuat sayur bening bayam, Anda bisa juga sambil memanaskan air di dalam panci pengkukus untuk mengukus. Kukus ikan asap bersama semua bumbu sambal ikan asam, kecuali garam, gula pasir, dan lada putih bubuk. Kukus sampai matang, angkat. Haluskan dengan menggunakan cobek dan ulekan. Tambahkan garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, haluskan kembali sampai tercampur rata. Tambahkan ikan asap.
3. Pindah sayur bening bayam ke dalam wadah saji dan hidangkan bersama sambal ikan asap, sayur bening bayam sambal ikan asap siap dinikmati bersama resep udang tumis kering tempe spesial dan resep peyek teri empuk dan renyah.

Resep sayur bening bayam sambal ikan asap bikin ketagihan ini cukup untuk 4 porsi atau lebih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel