Inilah 3 Tips Mudah yang Bikin Sambal Terasi Buatanmu Jadi Super Lezat & Sedap


Loading...
Orang Indonesia pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya sambal terasi. Sambal ini kerap dijadikan sebagai pelengkap atau pendamping menu utama seperti ayam goreng/bakar maupun ikan goreng/bakar.

Meski cuma pendamping atau pelengkap, tapi perannya sangat penting. Pasalnya, buat sebagia orang, menyantap menu utama tersebut kurang sempurna rasanya jika tak bersama sambal terasi.

sambal terasi

Nah sayangnya, tidak semua orang bisa membuat sambal terasi yang sedap dan lezat. Itu karena mereka tak mengetahui 3 tips ini. Jika tahu tips ini, dijamin rasa sambal buatanmu jadi super sedap dan lezat.

1. Komposisi bahan harus tepat


Sambal terasi merupakan kuliner pedas tradisional Indonesia yang terdiri atas cabai, garam, gula pasir atau gula merah, bawang putih dan atau bawang merah, serta terasi. Terkadang, ada juga yang menambahkan tomat merah. Nah, jika ingin sambal terasi buatanmu lezat, maka komposisinya haruslah tepat.

2. Pakai terasi kualitas terbaik


Terasi sendiri merupakan bahan dapur yang diolah dari udang rebon. Aromanya yang tajam dan rasanya yang gurih membuat setiap masakan menjadi lebih beraroma, termasuk sambal terasi. Tapi, Anda juga harus selektif.

Pasalnya, tidak semua terasi yang dijual di pasaran berkualitas bagus. Terasi kualitas terbaik biasanya dijual dengan harga yang agak sedikit mahal. Nah, agar sambal terasi buatanmu super lezat dan sedap, pastikan untuk selalu menggunakan terasi kualitas bagus.

3. Jangan pelit

Namanya juga sambal terasi, maka jangan pelit menggunakan terasi. Coba tambahkan sedikit takaran terasi yang biasa Anda pakai. Lihat hasilnya, pasti lebih lezat dari sebelumnya.

Mudah kan? Diingat selalu ya!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel