Terungkap! Inilah Tips Menggoreng Kerupuk Agar Renyah dan Mekar Sempurna

Bagi ibu-ibu rumah tangga, menggoreng kerupuk dengan hasil renyah dan mekar sempurna sama bahagianya dengan para pecinta flora ketika tanaman bunga yang mereka tanam telah bermekaran.

Benarkan?

Menggoreng kerupuk memang gampang-gampang susah. Pasalnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kerupuk mentah yang digoreng hasilnya renyah dan mekar sempurna.

Tapi sebenarnya menggoreng kerupuk itu mudah. Asal, Anda tahu tipsnya.


Nah, kali ini County Food akan berbagi cara menggoreng kerupuk agar hasilnya nanti renyah dan mekar sempurna. Yuk, langsung simak!

1. Perhatikan kondisi kerupuk mentah


Sebelum menggoreng, perhatikan kondisi kerupuk mentah yang Anda miliki. Ini berkait dengan kelembabannya. Jika kerupuk dan kondisi lembab digoreng, maka hasilnya nanti tak akan sempurna.

Kerupuk jadi sulit mekar karena kandungan airnya masih cukup tinggi. Solusinya, jemur terlebih dahulu sampai kerupuk mentah kering sempurna.

2. Gunakan wajan cekung


Agar hasilnya nanti sempurna, saat menggoreng kerupuk disarankan untuk menggunakan wajan cekung. Hal ini bertujuan agar kerupuk mentah saat digoreng nantinya dapat terendam minyak panas. Dengan begitu, kerupuk jadi mudah mekar.

3. Gunakan minyak dalam jumlah cukup


Minyak sayur dalam jumlah cukup disini maksudnya adalah ketika menggoreng kerupuk mentah, usahakan agar seluruh bagian kerupuk yang digoreng terendam minyak.

4. Atur besar-kecilnya api


Mengontrol besar-kecilnya nyala api kompor saat menggoreng kerupuk sangatlah menentukan. Sebab, jika api terlalu besar, minyak sayur jadi cepat panas.

Kondisi itu membuat kerupuk tidak dapat mekar sempurna dan justru mudah menjadi gosong.

Sebaliknya, jika menggunakan api kecil, minyak sayur jadi kurang panas.

Kondisi itu membuat kerupuk jadi sulit matang dan juga tak mekar sempurna.

Nah, saat menggoreng kerupuk, disarankan menggunakan api sedang. Jika minyak sayur terlalu panas, segera kecilkan nyala api kompornya dan sebaliknya.

5. Perhatikan ukuran


Sebelum menggoreng, perhatikan ukuran kerupuk dan ukuran wajan yang Anda pakai. Jangan pernah sekali-kali menggoreng kerupuk ukuran besar dalam waktu bersamaan.

Agar hasilnya nanti seperti yang diharapkan, disarankan untuk menggoreng kerupuk ukuran besar satu per satu.

6. Harus sering dibolak-balik


Agar matang merata dan tidak cepat gosong, saat menggoreng kerupuk harus sering dibolak-balik.

Dengan tips di atas, dapat dipastikan kerupuk mentah yang Anda goreng hasilnya akan renyah dan mekar sempurna. Semoga berguna!
loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: