Pesona Menu Wajib Warung Angkringan


Loading...
Menu kuliner yang akan dibahas ini hampir tidak pernah tidak ada di warung angkringan. Perlu diketahui, warung angkringan adalah sebuah warung yang menjajakan bermacam makanan di atas gerobag. Boleh dibilang, menu ini adalah menu wajib suatu warung angkringan. Penyajiannya selalu disusun dengan bambu tipis. Umumnya bahan makanan yang dipakai untuk membuatnya disusun dengan cara ditusukkan pada bambu yang tipis. Ya, layaknya sate. Tapi, resep sate yang satu ini berbeda dengan resep sate pada umumnya.

Umumnya, resep sate di Indonesia, kecuali beberapa daerah seperti Padang dan Bali, memakai bumbu kacang atau kecap. Resep sate yang menjadi menu wajib warung angkringan bumbunya berbeda. Tidak bumbu kacang atau kecap, melainkan bumbu bacem. Bumbu ini sudah sangat familier di kalangan ibu-ibu rumah tangga di Pulau Jawa. Bumbu adalah sebuah bumbu yang menonjolkan cita rasa yang manis dan gurih.

Bahan utama yang dijadikan sate juga berbeda dengan sate pada umumnya. Bila umumnya sate memakai daging ayam, sapi, ikan atau kambing, bahan utama yang dipakai pada resep sate bumbu bacem yang jadi menu wajib warung angkringan adalah bagian jeroan ayam.

Dibanding dengan daging ayam, sapi dan kambing, tentu harga jeroaan ayam lebih murah. Mungkin, karena faktor tersebut, resep sate bumbu bacem ini sering dipandang sebelah mata. Sampai-sampai, tak ada warung makan apalagi restoran terkenal yang menyajikan sate ini secara khusus.

Bagian jeroan ayam yang biasanya ada pada daftar resep sate bumbu bacem ini, antara lain, usus, ati, ampela dan jantung. Lantaran dimasak dengan cara dikukus bersama bumbu yang dominan, bau amis tak tercium lagi. Bau bumbu bancem begitu kental menyeruak hidung.

Tapi, bila membuat sendiri di rumah, meskipun resep sate bumbu bacem yang jadi menu wajib warung angkringan sudah diterapkan secara maksilam, mungkin tetap saja cita rasa sedap dan lezatnya belum setara dengan yang ada di warung angkringan. Itu karena ada trik dan cara khusus untuk mengolah resep sate yang jadi menu wajib warung angkringan itu. Kalau ingin mencoba salah mencoba membuat sendiri di rumah, silakan menyimak resep sate bumbu bacem berikut ini.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel