Resep Ikan Plus Balur Tahu Sutera Saus Tiram


Loading...
Resep ikan memang selalu jadi favorit. Kandungan gizinya yang sangat bersahabat dengan tubuh manusia, menjadikan resep ikan ini layak dielu-elukan. Salah satunya, resep ikan plus tahu (tofu) balur saus tiram.

Bahan utama yang dipakai untuk membuat resep ikan ini adalah tengiri dan tahu. Kedua bahan utama itu kemudian dibalut adonan tepung sagu. Setelah masuk tahap penggorengan, sensasi renyahnya tak perlu diragukan. Tak hanya kerenyahan, Anda juga dapat merasakan kelembutan tekstur daging tengiri dan tahu sutera. Disiram saus tiram, cita rasa resep ikaln plus balur tahu sutera saus tiram semakin kaya.

Tertarik mencoba? Berikut ini adalah resep ikan plus balur tahu sutera saus tiram. Baca daftar resep dengan teliti, sebab ada beberapa bahan yang takaran serta jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan utama untuk membuat ikan plus balur tahu sutera saus tiram:
1. 250 gram daging ikan tenggiri.
2. 4 buah tahu sutera, dipotong bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera.

Bahan adonan untuk resep ikan dan tahu:
1. 1 butir telur, gunakan putihnya saja, kocok lepas.
2. 5 sendok makan tepung sagu.
3. 2 sendok makan tepung maizena.
4. Garam secukupnya.
5. Merica secukupnya.
6. Air secukupnya untuk melarutkan bahan adonan.
7. Ambil wadah, masukkan tepung sagu, air, garam dan merica. Aduk hingga rata, diamkan sejenak. Adonan ini untuk melumuri daging ikan tengiri. Selanjutnya, ambil wadah baru, masukkan tepung maizena, garam, merica dan air. Aduk hingga rata, diamkan sejenak. Adonan ini untuk melumuri tahu sutera. Siapkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan dan tahu.

Bahan untuk membuat saus pada resep ikan plus balur tahu sutera saus tiram:
1. 2 siung bawang putih, dimemarkan, kemudian dirajang halus.
2. 1 siung bawang bombai, iris tipis.
3. 2 sentimeter jahe, dimemarkan.
4. 3 sendok makan saus tiram.
5. 1 sendok makan kecap manis.
6. Merica bubuk dan garam secukupnya.
7. 100 mililiter air.
8. Tepung maizena secukupnya larutkan dalam air. Ini sebagai bahan pengental saus.
9. Minyak secukupnya untuk menumis.

Bahan pelengkap resep ikan plus kemul tahu sutera saus tiram:
1. 100 gram wortel, dipotong dadu dengan ukuran sesuai selera. Usahakan hasil potongan agak tebal sehingga ada tekstur saat dimakan. Rebus sebentar.
2. Daun bawang secukupnya, diiris dengan ukuran sesuai selera.


Tips memasak iklan plus kemul tahu sutera saus tiram:
1. Gunakan minyak secukupnya saat menggoreng ikan dan tahu. Saat menggoreng, usahakan seluruh bagian ikan dan telur terendam ke dalam minyak. Sehingga, adonan yang dibalurkan pada ikan dan tahu terasa renyah.
2. Anda bisa mengganti atau menambahkan jenis sayuran lain selain wortel. Usahakan memakai jenis sayuran yang memiliki tekstur agak keras. Anda juga bisa memakai bauh yang punya tektur daging yang agak keras, seperti apel.
3. Saat mengentalkan saus, tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga mencapai tingkat kekentalan yang sesuai dengan keinginan Anda.
4. Semua merica yang dipakai pada resep ini adalah merica bubuk.


Cara memasak ikan plus kemul tahu sutera saus tiram:
1. Celupkan daging ikan tenggiri ke dalam putih telur kocok. Setelah itu lumuri dengan tepung sagu. Goreng dengan minyak panas hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
2. Lumiri tahu sutera dengan tepung maizena yang telah dicampur dengan garam dan merica. Goreng dengan minyak panas hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
3. Tahap membuat saus: Panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan tercium bau harum setelah itu baru masukkan jahe, saus tiram, kecap manis, merica, dan air. Tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, segera masukkan larutan tepung maizena sebagai pengental. Setelah tercapai tingkat kekentalan yang Anda inginkan, masukkan wortel yang sebelumnya telah direbus dan daun bawang. Masak hingga semua bahan tercampur rata.
4. Ambil daging ikan dan tahu yang telah digoreng tadi, susun di wadah saji. Siram dengan saus. Ikan plus balur tahu sutera saus tiram siap untuk disajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep ikan goreng tepung saus pedas manis serta resep gulai ikan tongkol spesial.

Adapun resep ikan plus balur tahu sutera saus tiram ini setara buat 2 porsi atau lebih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel