Resep Minuman Wedang Ronde Spesial Multi Khasiat


Loading...
Resep minuman ini selalu menempati urutan teratas pada daftar alteranif pilihan minuman yang berkhasiat menyehatkan tubuh. Sebab, selain berkhasiat, menu minuman ini mempunyai sensasi rasa yang menarik. 

Dalam satu menu minuman, Anda bisa mendapatkan sensasi rasa segar, hangat, legit, manis, renyah dan masih banyak lagi. Ya, resep minuman ini disebut wedang (minuman yang disajikan dalam kondisi hangat) ronde (sebuah makanan yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat seperti bola). Menjadi spesial lantaran berkhasiat buat kesehatan. Selain menghangatkan badan dan menangkal masuk angin, resep minuman wedang ronde spesial multi khasiat ini juga berkhasiat melancarkan pencernaan lantaran memakai bahan yang kaya serat.

Bahan kaya serat pada resep minuman wedang ronde spesial multi khasiat ini adalah jelly. Mau mencoba? Simak resep minuman wedang ronde spesial multi khasiat berikut ini. Penting juga membaca tipsnya. Resep minuman ini setara 4 porsi.

Bahan utama untuk membuat wedang ronde spesial multi khasiat:
1. Ramuan jahe: 350 gram jahe (dibakar, kemudian dimemarkan), kayu manis sebanyak 1 ruas jari, 1 liter air matang, 200 gram gula pasir, 3 lembar daun pandan, 3 batang serai (dimemarkan), garam secukupnya.
2. Bahan untuk membuat ronde: 300 gram tepung ketan, 250 mililiter air hangat, garam secukupnya, pewarna makanan secukupnya. Isian untuk ronde: 150 gram kacang tanah (buang kulitnya, disangrai kemudian diblender atau ditumbuk hingga halus), 50 gram gula jawa (disisir halus), garam secukupnya. Campur semua bahan dan aduk hingga tercampur merata.
3. Ramuan jelly: Satu bungkus jelly kemasan, air dan gula pasir secukupnya.

Bahan pelengkap untuk membuat wedang ronde spesial multi khasiat:
1. 300 gram buah kolang-kaling, setelah direbus, kemudian diiris tipis. 
2. 200 gram kacang tanah tanpa kulit, disangrai hingga matang.
3. 200 gram selasih.


Tips membuat resep minuman wedang jahe spesial multi khasiat:
1. Saat direbus, bila ronde sudah mengapung, artinya ronde sudah matang.


Cara membuat wedang ronde spesial multi khasiat:
1. Tahap membuat ronde: Siapkan wadah, masukkan tepung ketan dan garam, kemudian aduk hingga rata. Kemudian, tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis. Bagi adonan untuk diberi warna yang berbeda. Uleni adonan kembali hingga semua mempunyai warna yang merata. Bagi kembali adonan ronde yang telah kalis menjadi beberapa bagian kecil. Setiap bagian dipipihkan kemudian isi dengan campuran kacang tanah sangrai yang telah ditumbuk halus, garam dan gula jawa. Dibulatkan, kemudian direbus dengan air yang telah mendidih hingga matang, angkat, tiriskan, sisihkan.
2. Tahap membuat jelly: Masukkan jelly kemasan dan gula pasir ke dalam panci yang telah diisi air. Masak hingga mendidih sambil diaduk terus. Tuang dicetakan, diamkan hingga mengeras. Gunakan separuhnya saja, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera, sisihkan.
3. Tahap membuat ramuan jahe: Masukkan jahe, kayu manis, daun pandan, serai, gula pasir dan garam ke dalam panci yang telah diisi air. Masak hingga mendidih sambil diaduk sesekali secara periodik. Pisahkan ampas pada ramuan jahe.
4. Tahap penyajian: Susun ronde, jeli, buah kolang kaling, kacang tanah sangrai dan selasih di tempat saji. Tuangkan ramuan jahe. Wedang ronde spesial milti khasiat siap disajikan selagi hangat. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep wedang jahe serai cincau peredam sembelit serta resep minuman: wedang jeruk gula batu.

Adapun resep minuman wedang ronde spesial multi khasiat ini cukup kalau hanya untuk 4 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel