Resep Si Kumis Acar Kuning


Loading...
Meski bentuknya menggelikan lantaran berkumis, tapi jangan remehkan cita rasa ikan air payau yang satu ini. Tektur dagingnya lembut. Dagingnya sendiri punya rasa yang manis. Lemak yang berada di bagian sekitar perut ikan berkumis ini juga sangat menyehatkan. Ya, yang dibicarakan ini adalah ikan lele. Bukan sekadar digoreng atau dibakar, ikan ini diolah dengan berbagai bahan yang ada pada resep ikan lele acar kuning.

Bumbu acar kuning sendiri adalah warisan kuliner nusantara. Perpaduan bumbu acar kuning begitu kaya akan rempah. Rasanya semakin kaya dengan cita rasa daging ayam yang juga gurih serta cita rasa beberapa jenis sayuran bertekstur keras, seperti wortel dan mentimun. Tak heran jika pada resep masakan khas Indonesia ini sangat menonjolkan cita rasa gurih dan segar.


Mau mencoba? Silakan simak resep ikan lele acar kuning berikut ini dengan teliti. Ada beberapa bahan yang jumlah atau takarannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 4 porsi.


Bahan inti untuk membuat ikan lele acar kuning:
1.   4 ekor ikan lele, bersihkan bagian dalamnya, cuci bersih, sayat badan ikan, goreng dengan minyak goreng yang telah dipanaskan hingga matang, angkat, tiriskan, sisihkan.

Bahan untuk membuat bumbu acar kuning:
1.   1 batang wortel dan mentimun, potong bentuk batang korek api dengan ukuran agak tipis.
2.   6 siung bawang merah, dipotong 4 bagian.
3.   3 buah cabai merah besar, diiris serong. Jumlah cabai dapat disesuaikan dengan selera Anda.
4.   5 buah cabai rawit.
5.   10 cabai rawit utuh.
6.   1 sentimeter jahe, dimemarkan.
7.   2 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya yang ada dibagian tengah, kemudian disobek.
8.   Garam secukupnya.
9.   Gula pasir secukupnya.
10. 1 sendok teh air jeruk nipis.
11. 1 batang daun bawang, dipotong dengan ukuran sesuai selera.
12. 275 mililiter air.
13. Minyak goreng untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan untuk membuat ikan lele acar kuning:
1.   2 siung bawang putih, dimemarkan terlebih dahulu.
2.   3 siung bawang merah. dimemarkan terlebih dahulu.
3.   Merica secukupnya.
4.   1 butir kemiri, sangrai dahulu.
5.   1 sentimeter kunyit, dibakar dulu.


Tips membuat ikan lele acar kuning:
1.   Sebelum menggoreng ikan, setelah dicuci bersih, balur ikan lele dengan garam dan air jeruk nipis. Tips ini untuk menghilangkan bau amis dari ikan lele. Diamkan selama lebih kurang 15 menit.
2.   Masukkan ikan lele pada tahap yang paling terakhir. Sebab pada dasarnya ikan lele sudah matang karena sebelumnya telah digoreng. Bila memasukkan ikan lele di pertengahan proses atau awal memasak, daging lele akan mudah hancur.


Cara membuat ikan lele acar kuning:
1.   Membuat acar kuning: panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bahan-bahan yang telah dihaluskan hingga keluar bau harum.
2.   Masukkan bawang merah yang telah dipotong-potong, cabai merah, cabai rawit, jahe, dan daun jeruk sampai. Tumis kembali hingga tercium harum.
3.   Setelah harum, tuangkan air, beri garam, gula pasir, merica, masukkan cabai utuh, wortel dan mentimun. masak hingga airnya mendidih.
4.   Tahap terakhir, masukkan ikan lele goreng, air jeruk nipis, dan daun bawang. Aduk rata tunggu hingga airnya mengering.
5.   Pindah ke wadah saji, ikan lele bumbu kuning siap disajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep cumi bumbu kuning khas Indonesia serta resep ikan bandeng bumbu acar kuning spesial.

Adapun resep si kumis acar kuning ini setara buat 4 porsi atau lebih.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel