Resep Udang Goreng Saus Telur Asin Dobel Renyah


Loading...
Udang goreng yang satu ini tidak merupakan resep masakan peranakan (akulturasi budaya memasakan masyarakat pribumi dan tionghoa) yang unik. Setelah udang digoreng garing dibalur adonan tepung, disiram dengan menggunakan saus telur asin. Tak hanya itu, pada sentuhan akhir, ditambah dengan kacang mede goreng yang juga renyah. Layak bila resep udang goreng ini memiliki tekstur dobel renyah.

Menu seafood sepertinya selalu berada di daftar teratas menu favorit setip pecinta kuliner, kecuali bagi mereka yang memang alergi dengan jenis makanan ini. Akan menjadi tambah spesial dikombinasikan dengan saus telur asin yang punya sensasi rasa yang khas. Tak tekecuali sajian kuliner udang goreng saus telur asin dobel renyah berikut ini. Tingkat kelezatannya naik satu level ditambah sensasi dobel renyah yang berasal dari udang goreng tepung dan kacang mede.


Tergiur mencicipi? Simak daftar resep udang goreng saus telur asin dobel renyah berikut ini. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 4-6 porsi.


Bahan utama untuk membuat udang goreng saus telur asin dobel renyah:
1. 6 buah telur asin. Ambil kuning telurnya saja, dihaluskan. Simak juga Nggak perlu belepotan, pakai cara ini, kita pun bisa membuat telur asin masir, meski pakai telur ayam.
2. 400 gram udang ukuran sedang-besar, singkirkan kulitnya hingga pangkal ekor dan kepalanya, cuci bersih.
3. 100 gram kacang mede goreng, tumbuk kasar.

Bahan penguat rasa untuk membuat udang goreng saus telur asin dobel renyah:
1. 200 gram tepung sagu.
2. Gula pasir secukupnya.
3. Garam secukupnya.
4. Lada putih bubuk secukupnya.
5. 2 sendok makan mentega atau margarin untuk menumis.
6. 1 buah bawang bombai, dirajang hingga lembut.
7. 2 helai daun bawang, dipotong dengan ukuran sesuai selera.
8. 2 utas daun seledri.
9. Minyak goreng secukupnya.
10. 1 buah cabai merah.


Tips memasak udang goreng saus telur asin dobel renyah:
1. Gunakan telur asin kualitas terbaik untuk mendapatkan cita rasa saus telur asin yang maksimal. Telur asin yang berkualis adalah warna kuning telurnya terang dan berminyak.
2. Selain udang, jenis seafood lain yang juga cocok diolah memakai resep ini, antara lain, cumi dan daging ikan kakap merah, kerapu atau tengiri.
3. Hati-hati menambahkan garam ketika memasak saus telur asin. Pada dasarnya rasa telur asin memang sudah cukup asin. Apalagi, bahan yang dipakai untuk menumis adalah margarin atau mentega yang juga punya cita rasa yang sedikit asin.


Cara membuat udang goreng saus telur asin dobel renyah:
1. Ambil wadah, Campur udang dengan garam dan merica bubuk. Tabur tepung sagu.
2. Goreng dengan minyak goreng panas hingga matang atau berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
3. Ambil wajan, masukkan mentega/margarin. Panaskan hingga mentega/margarin meleleh sempurna.
4. Masukkan bawang bombai, tumis hingga harum.
5. Selanjutnya, masukkan kuning telur yang telah ditumbuk. Tumis hingga keluar buih.
6. Terakhir, tambah gula, garam, merica dan masukkan kacang mede goreng yang telah ditumbuk. Aduk hingga tercampur rata, matikan api kompornya.
7. Ambil wadah saji, taruh udang goreng dan guyur dengan saus telur asin. Sajikan udang goreng saus telur asin dobel renyah selagi hangat. Simak juga resep udang tumis tiram kacang mede serta resep sate udang oles madu.

Adapun resep udang goreng saus telur asin dobel renyah ini setara buat 4 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel