Trik Masak Daging Supaya Empuk


Loading...
Cara yang paling gampang memasak daging sapi, kambing atau kerbau supaya teksturnya menjadi empuk adalah dengan merebus hingga sangat lama. Bila ditanya berapa lama, jabawannya adalah pokoknya sampai teksturnya menjadi empuk dan layak atau mudah dikunyah.

Apabila belum empuk juga, tambah air kemudian rebus lagi. Pokoknya sampai tidak liat lagi. Kalau harus memakai cara tersebut, mungkin kegiatan memasak bisa menjadi sesuatu yang sangat membosankan karena kita harus meluangkan waktu yang begitu lama jika ingin mendapatkan masakan daging yang empuk.

Padahal ada beberapa cara masak daging supaya teksturnya cepat menjadi empuk. Jadi, teman-teman tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu saat memasak daging sapi, kambing atau kerbau.


Kalian juga tidak perlu membeli jenis daging sengaja diberi harga mahal lantaran dijamin empuk meski hanya dipanggang. Dengan menerapkan trik masak yang akan dibahas berikut ini, kalian bisa memanfaatkan bagian daging yang mana saja pada daging sapi, kambing atau kerbau, dan dijamin teksturnya menjadi tak alot.

Adapun trik masak daging supaya empuk adalah sebagai berikut:

1. Dipipihkan
Pipihkan daging sapi, kambing atau kerbau sebelum dimasak adalah trik yang paling sederhana. Tapi, tak seperti merebus yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Hanya saja, trik ini hanya bisa diterapkan pada beberapa menu masakan saja, rendang, daging bumbu kuning atau sejenisnya. Substansinya adalah masakan yang memakai potongan daging tidak terlalu tebal. Caranya sangat mudah. Sebelum dimasak, pukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi tumpuh hingga menjadi agak pipih. Setelah itu, tingga dimasak dengan bumbu sesuai selera.

2. Balur dengan buah nanas yang sudah dihaluskan
Berbeda dengan cara sebelumnya, dengan memakai nanas yang sudah dihaluskan (bisa diparut atau diblender), kalian bisa memasak jenis daging apa saja dan setebal apa saja, dijamin akan menjadi empuk. Dan, yang paling penting, memasaknya tidak memakan waktu yang lama. Syaratnya, teman-teman harus memakai nanas yang masih muda, bukan nanas yang sudah matang atau selai nanas. Sebab, nanas yang masih mudah memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuk menguraikan serat daging sapi, kambing atau kerbau. Dengan begitu, daging yang kita masak akan cepat menjadi empuk. Caranya, setelah dicuci bersih, balur seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang telah dihaluskan. Diamkan antara 20 menit hingga 30 menit. Setelah itu, dicuci bersih supaya rasa nanasnya hilang, baru dimasak. Sekadar saran, sembari menunggu tekstur daging berproses menjadi empuk, kalian bisa menyiapkan aneka bumbu yang dibutuhkan untuk memasak. Itu yang dimaksud dengan manajemen waktu yang baik dalam memasak.


3. Balut dengan daun pepaya
Ini adalah cara yang sering dipakai oleh orangtua saya saat memasak daging supaya empuk. Yaitu, membalut daging dengan daun pepaya. Agar bisa mendapatkan beberapa banyak manfaat dalam sekali kerja, alangkah lebih baik bila sebelum dibalut dengan daun tersebut, daging diberi bumbu terlebih dahulu. Bumbu yang dipakai boleh disesuaikan dengan kebutuhan. Hal itu dilakukan supaya bumbu meresap ke daging. Sebab, setelah dibungkus daun pepaya, daging harus dibiarkan terlebih dahulu lebih dari 45 menit. Sembari menunggu, kalian bisa menyiapkan bahan-bahan yang lain.

Nah, itulah beberapa trik masak daging supaya empuk yang dapat saya bagikan kepada teman-teman. Trik ini dapat teman-teman terapkan pada resep dendeng kering daging kambing lebih sedap, resep sate daging sapi spesial nampan panas, resep gulai daging sapi istimewa menggoda selera, serta resep rica-rica daging sapi spesial. Mungkin, di luar sana masih ada beberapa trik yang lain yang bisa diterapkan untuk memasak daging supaya teksturnya tidak alot. Sekarang, kalian tinggal pilih mau menerapkan trik masak yang mana. Pilih yang menurut kalian adalah yang paling mudah untuk diterapkan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel