Trik Goreng Kentang Agar Renyah Maksimal


Loading...
Pada kesempatan ini akan dibahas sebuah cara atau trik menggoreng kentang agar terasa lebih renyah. Dari trik ini, yang terpenting, cara yang digunakan adalah cara yang aman bagi kesehatan.

Godaan sensasi cita rasa kentang goreng sering kali tak bisa ditolak. Di samping itu, menu yang bisa juga dijadikan camilan ini, pun cocok dimakan dengan berbagai jenis masakan, khususnya masakan barat. Steak, burger dan spaghetti, misalnya.


Teksturnya yang garing dan renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalam, itu yang membuat ketagihan. Lantaran kepincut dengan cita rasa kentang goreng yang biasa disajikan di restoran atau rumah makan langganan, banyak orang yang mencoba-coba membuat kentang goreng sendiri.
Tapi sayang, kentang goreng yang dibuat sendiri itu kerap mengecewakan. Teksturnya lembek dan sudah pasti tidak renyah. Untuk mendapatkan tekstur yang renyah, akhirnya berbagai cara dilakukan.

Salah satunya adalah dengan memanipulasi ketebalan potongan kentang. Kentang diiris tipis-tipis supaya setelah digoreng tekstrunya menjadi renyah. Tapi kalau sudah demikian, namanya bukan kentang goreng lagi, tapi keripik kentang.

Padahal, keinginan awalnya adalah membuat kentang goreng yang punya tekstur garing dibagian luar, padat (tidak lembek) dan lembut di bagian dalam. Lantaran telah gagal berkali-kali membuat kentang yang punya tekstur seperti itu, akhirnya banyak orang yang menjatuhkan pilihan dengan membeli kentang instan (tinggal goreng) yang dijual di sejumlah supermarket atau toko swalayan.

Nah, jika ingin tahu bagaimana cara membuat kentang goreng yang renyah seperti yang dijual di restoran cepat saji, simak penjelasannya berikut ini.

Ini beberapa langkap yang harus Anda lakukan:
1.   Siapkan kentang berukuran sedang-besar, kupas kulitnya, kemudian potong-potong bentuk korek api dengan ketebalan sesuai selera. Potong dengan ketebalan normal (seperti ketebalan kentang goreng yang disajikan di restoran langganan Anda). Kemudian, cuci bersih dan tiriskan. Simak trik membersihkan buah dan sayuran tanpa cairan kimia berbahaya.


2.   Rebus air yang cukup banyak (hingga dapat merendam seluruh kentang yang telah Anda potong-potong tadi).
3.   Setelah mendidih rebus kentang sebentar saja (tidak sampai matang atau seperempat matang saja).
4.   Angkat kentang yang telah direbus, tiriskan. Biarkan hingga suhunya normal (tidak panas lagi).

5.   Simpan sebentar di lemari es (freezer).
6.   Bila ingin menggorengnya, tinggal ambil dalam freezer, guyur dengan air dingin, angkat tiriskan.
7.   Taburi kentang dengan garam dan merica bubuk, aduk-aduk hingga merata.
8.   Panaskan minyak goreng yang cukup banyak hingga dapat merendam kentang saat digoreng.


9.   Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan apinya, goreng kentang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. Agar hasilnya memuaskan, simak juga trik menggoreng agar hasilnya super crispy dan renyah (part 1).
10. Pindah ke wadah saji, tambahkan aneka serbuk bumbu dan seledri cincang, french fries atau kentang goreng sudah siap dinikmati.


Nah, sekarang Anda sudah bisa membuat sendiri kentang goreng yang sensasi rasanya sama dengan yang dijual di restoran langganan Anda.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel