Aneka Makanan dan Minuman Pemicu Good Mood


Loading...
Agenda wisata kuliner bukan sebatas jalan-jalan ke tempat penjual makanan khas suatu daerah saja. Dalam arti yang lebih luas, wisata kuliner dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu adalah dengan berselancar di dunia maya untuk mencari berbagai artikel menghibur, informatif dan bermanfaat seputar dunia kuliner.

Nah, agenda wisata kuliner teman-teman pada kesempatan ini akan diisi dengan mengetahui aneka makanan dan minuman apa saja yang bisa memicu suasana hati agar selalu menjadi baik. Hal itu akrab juga disebut good mood.

Sedikitnya ada 7 bahan makanan pemicu good mood. Keenam bahan makanan yang akan disebutkan di bawah ini sangat penting bagi setiap orang. Mengingat, tak satupun orang di dunia ini yang bisa terhindar dari stres.

Apalagi, buat teman-teman yang punya segudang aktivitas. Ancaman stres buat orang-orang yang memiliki aktivitas tinggi lebih besar ketimbang mereka yang tidak.

Well, berikut ini adalah 7 bahan makanan pemicu good mood beserta penjelasannya:

1. Pisang: Meskipun terlihat tak banyak mengandung air, tapi bahan makanan yang dagingnya berwarna kuning keputih-putihan ini banyak mengandung mineral. Maka tak heran bila sehabis berolah-raga, para ahli gizi dan kesehatan sering menganjurkan agar mengonsumsi buah pisang. Tapi, bukan mineral yang dibutuhkan sebagai pemicu good mood, melainkan tryptophan. Zat tryptophan yang ada pada buah pisang mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Nah, hormon itulah yang berperan menumbuhkan good mood dalam diri.

2. Agar-agar dan Pudding: Sama halnya dengan agar-agar, pudding juga merupakan bahan makanan yang mengandung banyak serat yang sangat dibutuhkan oleh pencernaan manusia. Dengan mengonsumsi bahan makanan banyak serat, konsekuensinya kinerja pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan begitu, organ pencernaan manusia yang selalu aktif mencerna akan menjadi relatif tenang sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap suasani hati.

3. Green tea: Salah satu jenis minuman ini dipercaya dapat menenangkan jiwa peminumnya. Tengok saja masyarakat di Negara Jepang dan China. Sebagian di antara mereka beruntung karena dianugerahi umur panjang. Selain karena mengonsumsi makanan sehat, salah satu resep mereka untuk mencapai umur panjang adalah dengan mengonsumsi green tea secara teratur. Rahasianya ada pada zat L-Theanine yang terkandung dalam green tea. L-Theanine berperan menjaga fungsi otak manusia sehingga tidak mudah lupa dan menjadi lebih fokus. Fokus dalam segala aktivitas hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kepribadian yang tenang dan suasana hati yang baik. Rasanya adalah suatu hal yang mustahil tetap bisa tenang bila suasana hati sedang suram.

4. Buah Berry: Buah yang memiliki rasa sedikit asam ini banyak jenisnya, seperti blue berry, trawberry, black berry dan masih ada lagi yang lain. Intinya, buah ini mengandung zat antioksidan yang mampu menangkal penyakit kanker serta mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Di samping itu, jenis buah ini juga dapat meningkatkan fungsi otak seperti green tea. Nah, fungsi yang disebut terakhir itulah yang dipercaya juga mampu membuat suasana hati yang tadinya buruk, berubah menjadi baik.

5. Ikan: Tak bisa dipungkiri bahwa mayoritas jenis ikan memiliki kandungan omega 3 dan omega 6. Kedua jenis zat omega tersebut mampu berfungsi sebagai depresi dan mengatasi kecemasan. Jadi, bila mengalami depresi atau stres, langsung saja pergi ke warung seafood. Pesan menu makanan yang terbuat dari ikan yang kaya akan omega 3 dan omega 6.

6. Cokelat: Tak perlu dikenalkanlagi. Pasti semua orang sudah tahu cokelat. Rasanya manis dan banyak dipakai sebagai bahan baku untuk membuat aneka kue dan minuman. Tapi, cokelat yang punya fungsi sebagai pemicu good mood adalah dark cokelat, bukan cokelat yang banyak mengandung susu. Rasa dark cokelat cenderung sedikit pahit, tapi tetap terasa manis. Bila banyak mengonsumsi cokelat, tubuh mampu lebih banyak memproduksi endorfin dan serotonin yang berperan memicu suasana hati agar menjadi lebih baik.

Well, itulah aneka makan dan minuman pemicu good mood. Selain bisa konsumsi secara langsung, ketujuh bahan tersebut juga dapat diolah menjadi beraman menu kuliner dan aneka minuman.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel