Trik Membuat Tekstur Daging Alot Jadi Empuk

Hidangan kuliner berbahan daging memang menawarkan cita rasa yang istimewa. Apalagi, bila bumbu dan orang yang memasak tepat. Hidangan tersebut sudah dapat dipastikan akan membuat siapa saja tergoda.Terlebuh bila daging pada masakan itu memiliki tekstur yang empuk. Pasti, juga akan membuat siapa saja semakin semangat untuk menikmatinya. Tapi, sepertinya selera akan langsung merosot tajam bila yang dimakan adalah daging yang teksturnya alot. Makanya, penting kiranya buat Anda yang ingin mengolah daging untuk menguasai trik yang akan dibahas berikut ini. 

Perlu diketahi, banyak resep masakan khas Indonesia yang menggunakan daging sapi, kabing maupun kerbau sebagai bahan utamanya. Sebut saja sate, gulai, tongseng, rendang, tengkleng, selat solo sampai sup. Kesemua resep tersebut juga sudah pernah diulas di situs County Food.


Adapun trik atau cara yang paling konvensional untuk membuat tekstur daging alot menjadi empuk adalah dengan merebus hingga sekian lama. Waktu yang dibutuhkan relatif, bergantung tingkat alot da jumlah dari daging itu sendiri. Cara ini umum diterapkan ketika memasak sup, gulai atau rendang.

Namun, bagaimana kalau memasak sate atau masakan yang lain yang teknik memasaknya dilakukan dengan cara ditumis, yang notabene tak memakai kuah. Sementara, Anda juga tak mau kehilangan unsur cita rasa asli dari daging yang dimasak.

Berikut ini adalah trik membuat tekstur daging alot menjadi empuk tanpa menghilangkan cita rasa asli dari daging itu sendiri. Trik ini hanya diterapkan untuk dading sapi, kambing atau kerbau, bukan untuk daging jenis unggas. Di samping itu, trik ini juga tidak disarankan untuk diterapkan pada daging sapi bagian khas dalam atau jenis daging sapi wagiue yang notabene teksturnya memang sudah empuk.


Pertama, tentunya Anda harus menyiapkan daging yang akan diolah atau dimasak. Setelah itu, siapkan buah nanas, parut, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Adapun perbandingan takaran air nanas dan daging adalah 1 (buah nanas) : 2 (kilogram daging). Gunakan air nanas tersebut untuk merendam daging. Waktu yang dibutuhkan untuk merendam 2 kilogram daging tak lebih dari 30 menit. Setelah itu buang air nanas, cuci daging hingga bersih dengan air yang mengalir. Trik semacam ini tentunya sangat bermanfaat ketika Anda tengah mengaplikasikan resep sate kambing wonogiri asli, resep bistik daging sapi spesial dan praktis, resep sate kambing khas Madura, serta resep sate daging kerbau khas Kudus.

Nah, itu adalah sebuah alternatif trik yang dapat Anda terapkan untuk membuat tekstur daging alot menjadi empuk.
loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: