Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning


Loading...
Bumbu ikan bakar itu memang beraneka macam. Itu artinya, resep ikan bakar juga beraneka macam. Tengok saja pada cara membuat ikan bakar spesial pasti enak. Di situ, Anda bisa menemukan bermacam resep ikan bakar. Nah, ditambah resep ikan bakar bumbu kuning ini, artinya bertambah satu lagi aneka resep ikan bakar.

Bumbu kuning adalah salah satu bumbu khas pada resep makanan Indonesia. Selain untuk resep ikan bakar, bumbu kuning juga dapat digunakan untuk aneka kuliner Indonesia. Seperti, resep ikan bumbu kuning sedap daun jerukresep ikan bandeng bumbu kuning (kunyit) spesial, serta resep ayam kuah santan kuning (kunyit) enak dan sedap.

Seperti dua resep yang disebut terakhir, warna kuning pada bumbu kuning yang akan diaplikasikan pada ikan bakar ini memang berasal dari kunyit. Selain untuk mendapatkan warna alami, rasa kunyit juga membuat ikan bakar ini akan memiliki aroma serta rasa yang khas Indonesia.


Bahan pada resep ikan bakar:
1. 3 ekor (setara lebih kurang 500 gram) ikan kembung. Kuasai dulu tips menghilangkan bau amis pada ikan dan trik menjaga kesegaran ikan supaya lebih tahan lama.
2. Mentega atau margarin secukupnya.

Bumbu kuning yang diaplikasikan untuk resep ikan bakar (dihaluskan):
1. Kunyit serukuran 3 sentimeter.
2. 5 siung bawang putih.
3. 8 Siung bawang merah.
4. 3 butir kemiri.
5. Lengkuas seukuran 2 sentimeter.
6. Jahe seukuran 1 sentimeter.
7. 1 sendok teh biji ketumbar.

Bumbu lain:
1. 1 sendok teh air jeruk nipis.
2. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Pelengkap:
2. Lalapan: kemangi, ketimun, mol, dan atau tomat merah. Ini trik membersihkan buah dan sayuran tanpa cairan kimia berbahaya.
3. Irisan jeruk nipis secukupnya.


Cara membuat ikan bakar bumbu kuning:
1. Balur ikan kembung dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya, diamkan selama 15 menit. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan yang sebelumnya sudah dicampur dengan margarin. Aduk sampai tercampur rata.
2. Panaskan alat untuk memanggang/membakar (trik memanggang bahan daging dengan cara sehat). Bakar ikan yang sudah dilumuri bumbu, bolak-balik sambil dioles sisa bumbu sampai matang, angkat.
3. Susun di wadah saji, tambahkan pelengkapnya dan nasi putih hangat (ini trik menanak nasi hemat listrik), ikan bakar bumbu kuning siap dinikmati bersama resep es jeruk cincau segar penghilang dahaga serta ketan mangga saus santan sebagai hidangan penutupnya.

Resep ikan bakar bumbu kuning ini setara buat 3 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel