Penting! 6 Area Dapur Paling Jorok yang Sering Diabaikan


Loading...
Memiliki dapur yang bersih dan useful memang menyenangkan. Tapi, soal kebersihan dapur tak semua orang memedulikannya.

Padahal, kebersihan dapur itu sangat penting. Pasalnya, di tempat itulah makanan yang kita makan santap sehari-hari dimasak.

Counties pasti bisa membayangkan risiko apa yang bakal ditanggung bila tempat yang kita gunakan untuk memasak itu ternyata kotor.

Ketahui area dapur mana saja yang biasanya jorok dan segera bersihkan bila tak ingin kesehatan keluarga Anda terancam

Masakan jadi tidak higienes. Kalau sudah begitu, risiko terkena berbagai penyakit, mulai dari sakit perut hingga tipes, jadi semakin besar.

Masalahnya, kita sering tak menyadari area mana saja yang rentan kotor. Bila tak segera dibersihkan, lama-lama orang pun jadi enggan membersihkannya karena jorok. Sementara, area tersebut selalu saja digunakan.

Mau tahu area dapur di mana saja yang sering terabaikan itu? Ini ulasannya.

1. Tempat cuci piring

Kebiasaan menumpuk dan tak segera mencuci peralatan makan dan peralatan masak di bak cuci piring, area ini jadi rentan kotor dan jadi jorok. Sementara, sisa makanan yang terdapat pada perlatan kotor itu bila dibiarkan lama-lama jadi mengeluarkan aroma busuk. Tak cuma itu, kondisinya yang basah dan lembab menjadi tempat yang paling nyaman bagi kuman dan bakteri untuk makan dan berkembang biak.

2. Sponge cuci piring

Mungkin karena selalu terkena sabun, sponge yang biasa kita gunakan untuk mencuci piring atau peralatan lainnya dianggap selalu bersih. Padahal, anggapan itu tak selalu benar. Lantaran kebiasaan membiarkan sponge bercampur sisa makanan yang tersangkut dan sabun setelah mencuci perlatan, itu justru membuatnya jadi kotor dan jorok. Akibatnya, sponge jadi mengeluarkan bau busuk.

3. Meja dapur

Meja dapur yang sering digunakan untuk meracik bahan dan bumbu masakan juga sering diabaikan kebersihannya. Banyak orang yang punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Setelah masak, meja dapur tak segera dibersihkan. Akibatnya, meja tersebut jadi kotor dan terlihat jorok.

4. Handle kulkas

Ketika memasak kita sering membuka-tutup kulkas, sementa tangan dalam kondisi kotor setelah daging, telur, atau bahan lain. Dari kebiasaan itu otomatis hendle kulkas juga jadi kena kotor. Masalahnya, banyak orang tak menyadari hal ini. Kotoran yang mungkin juga terdapat kuman dan bakteri jadi mudah menyebar ke anggota keluarga yang lain ketika membuka tutup kulkas.

5. Kompor

Lantaran terkena percikan minyak dan tumbahan masakan, area pada kompor sangan mungkin menjadi kotor. Bila tak lekas dibersihkan, lama-lama bakal terlihat jorok. Sama di tempat kotor lainnya, kompor yang kotor juga bisa jadi sarang kuman dan bakteri.

6. Tempat sampah

Kebiasaan tak lekas membuat sampah yang menumpuk di tempat sampah semakin memambah kesan jorok pada area ini. Apalagi bila punya kepedulian untuk memisahkan antara sampah kering dan sambah basah. Anda tentu tahu kalau dibiarkan berlama-lama menumpuk di tempat sampah, sampah itu akan mengeluarkan bau busuk.

Dari keenam area dapur itu, mana yang sering Counties abaikan? Untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga, ada baiknya bila keenam area tersebut sebisa mungkin agar sering dibersihkan ya Counties.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel