Resep Bacem Ayam Tempe Tahu Goreng, Masakan Praktis untuk Sahur dan Buka Puasa


Loading...
Kalau kalian sedang mencari masakan yang cocok untuk sahur dan buka puasa, sepertinya sudah tepat bila memilih resep bacem yang satu ini.

Selain untuk ayam goreng, bumbu bacem yang ada pada resep masakan tradisional khas masyarakat Solo dan Yogjakarta (Jogja) ini juga bisa digunakan untuk tempe dan tahu.

Yang menarik dari masakan ini adalah cita rasanya. Semakin lama disimpan atau dihangatkan, maka bumbu bacem yang menonjolkan cita rasa manis dan gurih akan semakin meresap pada daging ayam, tempe, dan tahu yang dibacem.

Baceman ayam, tempe, atau tahu seperti ini paling nikmat bila disantap dengan sambal tomat bersama sayur bening. Kalau ingin mencoba juga membuat dua masakan tersebut, ini referensinya: resep sambal tomat multi guna serta resep sayur bening bayam jagung manis sederhana yang menyegarkan.


Kembali pada bacem, masakan ini cukup mudah diaplikasikan, meski memang prosesnya agak lama. Sebab, ada cukup banyak aneka bumbu yang digunakan.

Tapi, itu terbayar lunas setelah Anda menikmati sensasi kelezatannya. Jika masih dimasak sore hari, masakan ini akan menjadi lebih enak bila dipanaskan dan disajikan untuk sahur di malam hari. Jadi, tetap lebih praktis, ketimbang memasak menu yang berbeda untuk sahur dan buka puasa.

Langsung saja simak uraian bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat bacem ayam tempe tahu berikut ini, sebelum meneruskan ke bagian cara memasak bacem.


Bahan bacem ayam tempe tahu:
1. 600 gram ayam, potong dengan bentuk dan ukuran sesusai selera.
2. 600 gram tahu putih, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
3. 600 gram tempe, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
4. 2 liter air putih.
5. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu bacem ayam tempe tahu:
1. 3 lembar daun salam.
2. Lengkua seukuran 6 sentimeter, dimemarkan.
3. 150 gram gula merah yang sudah disisir.
4. 9 sendok makan kecam manis.
5. Larutan asam jawa yang dibuat dari 2 sendok teh asam jawa dan 4 sendok makan air putih.

Bumbu bacem yang dihaluskan:
1. 12 siung bawang putih.
2. 18 siung bawang merah.
3. 3 sendok makan ketumbar.
4. Garam dan lada putih secukupnya.


Tips:
1. Sebelum dimasak, balur potongan ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.
2. Semakin lama dimasak, maka bumbu bacem akan semakin meresap ke dalam bahan yang dimasak bacem.


Cara masak bacem ayam tempe tahu:
1. Rebus ayam, tempe, dan tahu dengan air kelapa bersama bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, dan lengkuas, sampai mendidih.
2. Tambahkan gula merah dan kecap manis, masak dengan menggunakan api kecil-sedang sambil diaduk sesekali sampai matang dan meresap, angkat.
3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
4. Masukkan ayam, tempe, dan tahu yang tadi sudah dimasak ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai warnanya menjadi lebih kecokelatan, angkat, tiriskan.
5. Susun di wadah saji, bacem ayam tempe tahu sudah siap disantap untuk menu sahur dan buka puasa bersama sambal tomat dan sayur bening. Simak juga resep udang sambal merah pedasnya ngangenin atau resep sup tetelan sapi mudah dan lezat.

Resep bacem ayam tempe tahu, masakan praktis untuk sahur dan buka puasa ini cukup untuk 8 porsi.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel