Dengan Begini, Minyak Goreng yang Sudah Dipakai Menggoreng Berulang Kali Bisa Tetap Sehat Lho!


Loading...
Sepertinya, kegiatan memasak memang tidak bisa lepas dari minyak goreng ya? apalagi jika kita suka masak masakan atau cemilan tradisional. Ada begitu banyak masakan dan camilan khas Indonesia yang dimasak dengan cara digoreng, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, kerupuk, hingga membuat aneka gorengan.

Wajar saja bila bahan dapur ini juga digolongkan ke dalam 10 bahan kebutuhan pokok. Hanya saja, Anda harus tahu bahwa minyak sayur yang keruh dan kotor setelah dipakai untuk menggoreng berulang kali itu, justru sangat berisiko untuk kesehatan.

Remahan yang tertinggal di dalam minyak sayur bekas pakai berulang kali yang menempel di makanan bersifat karsinogen yang dapat memicu kanker jika sampai termakan. Nah, tentu kita tak mua kan hal itu sampai terjadi?


Sebenarnya ada cara yang mudah agar minyak sayur bisa dipakai berulang kali dan tetap aman untuk dikonsumisi. Mau tahu caranya?

1. Pastikan kualitasnya



Sebaiknya Anda menghindari penggunaan minyak sayur curah. Selain tidak higienis, terkadang minyak itu dihasilkan dari minyak sayur bekas pakai. Jadi, hanya gunakan minyak sayur berkualitas baik.

2. Saring minyak setelah dipakai


Jangan meremehkan remahan sisa makanan yang baru saja kita goreng. Sebab, bila tertinggal dan minyak sayur dipanaskan berulang kali, maka remahan itu akan menjadi gosong dan menjadi salah satu pemicu munculnya kanker bila dikonsumsi secara terus-menerus.

Jadi, pastikan minyak sayur selalu disaring setelah digunakan. Dengan begitu miyak sayur akan tetap jernih, meski sudah dipakai lebih dari 3 kali. Kecuali, jika digunakan untuk menggoreng makanan jenis tertentu.

3. Tempatkan dalam wadah kering dan bersih serta ditutup rapat


Hal ini tentunya dimaksudkan untuk menjaga higienitas minyak sayur bekas pakai. Debu dan kotoran lain yang ada di area dapur tentu sangat berisiko bagi kesehatan, jika sampai tertinggal di minyak sayur, karena tidak diletakkan pada wadah tanpa tutup.

4. Kendalikan api


Saat menggoreng, tidak disarankan menggunakan api terlalu besar. Sebab, jika dipanaskan dengan suhu yang terlalu tinggi, maka minyak sayur jadi mudah keruh. Jadi, kendalikan api kompor ketika menggoreng.

Dengan begitu, minyak sayur tetap dalam kondisi jernih meski sudah digunakan lebih dari tiga kali. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel