Gawat! 5 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Bisa Merusak Penampilan


Loading...
Makanan dan minuman yang selama ini kita rasa nikmat dan menyegarkan ternyata ada juga beberapa di antaranya yang justru berisiko merusak penampilan. Terutama penampilan gigi.


Gigi Anda bakal menjadi kuning bila keseringan mengonsumsinya. Lebih parah lagi jika tak segera memberikan gigi usai menyantapnya. Dilansir dari Detik Food, ini ulasannya!


1. Kopi

Tak banyak yang tahu jika ternyata gigi memiliki pori. Kondisi ini memungkinkan cairan yang kita konsumsi bisa sangat mudah meninggalkan noda.

Minuman yang mengandung tanin sejenis poliphenols dapat menyebabkan perubahan warna. Dan salah satunya adalah kopi.

2. Buah jeruk yang rasanya masam

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang suka makan makanan masam, seperti jeruk atau jeruk nipis. Jangan sering-sering mengonsumsinya jika tak mau penampilan gigi Anda jadi rusak nantinya. Jeruk memang sangat baik untuk kesehatan, tapi buah ini cenderung bisa mengikis enamel halus dan memberikan sedikit warna kuning dan sering ditemukan pada bagian belakang bawah gigi.

3. Berry

Sama dengan jeruk, buah ini juga sangat bergizi. Bahkan kandungan antioksidannya dipercaya mampu menangkal kanker. Tapi, karena mengandung pigmen yang cukup pekat, beberapa jenis buah beri berisiko meninggalkan noda warna yang justru akan merusak penampilan.

4. Wine

Minuman yang ini lebih parah lagi dampaknya dalam merusak penampilan gigi. Terlalu sering minum wine dan white wine dapat membuat gigi putih Anda menjadi terlihat kusam. Wine ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi karena mengandung tinggi gula. Selain itu, wine juga meninggalkan noda kecoklatan pada gigi. Sementara white wine diketahui dapat meninggalkan noda gigi gelap karena rasa asam alami yang dimilikinya.

5. Saus fermentasi

Saus fermentasi sering digunakan untuk membuat berbagai masakan. Tapi sayangnya, bahan dapur yang biasa dijadikan bumbu ini berisiko merusak penampilan gigi karena meninggalkan noda.

Jika Anda gemar mengonsumsi kelima jenis makanan dan minuman itu, sebaiknya segera membersihkan mulut dan gigi usai mengonsumsinya jika tak ingin penampilan gigi Anda menjadi rusak. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel