Tips Mudah Agar Pepes Buatanmu Lebih Awet alias Tak Gampang Basi

Kalau Anda orang Jawa atau Sunda, pasti sudah familier sekali dengan kuliner benama pepes. Bahan utama masakan ini umumnya adalah ikan.

Adapun jenis ikan yang digunakan boleh disesuaikan selera. Pasalnya semua jenis ikan bisa diolah menjadi pepes, baik itu ikan laut maupun ikan tawar.

Cara membuat pepes juga cukup mudah. Di beberapa kesempatan County Food juga sudah mengulas beberapa macam resep pepes ikan.

pepes ikan

Lantaran masakan ini banyak mengandung air, tak heran jika pepes lebih mudah basi. Tapi, ada loh beberapa cara yang dapat ditempuh saat memasak pepes agar lebih awet alias tak mudah basi.

Mau tahu? Yuk simak pelejalasan berikut ini!

1. Matang sempurna


Lantaran bahan utama pepes adalah ikan yang notabene mudah busuk, jadi saat memasak, Anda harus memasak sampai matang sempurna. Caranya, gunakan api kecil-sedang saja ketika mengukus pepes. Dengan begitu, tingkat kematangan ikan pepes akan lebih sempurna.

2. Menumis bumbu


Saat membuat pepes, biasanya bumbu yang sudah dihaluskan yang nantinya akan diselimutkan pada ikan tidak ditumis terlebih dahulu.

Tapi, cobalah menumis bumbu pepes terlebih dahulu sampai matang. Dengan begitu, pepes ikan akan menjadi lebih awat atau tahan lama.

3. Kurangi kadar airnya


Agar tak lekas basi, setelah dikukus sampai matang sempurna, kadar airnya harus dikurangi terlebih dahulu. Jika kadar air terlalu banyak, maka pepes ikan menjadi lebih mudah basi. Cara yang paling gampang untuk mengurangi kadar airnya adalah dengan membakarnya. Bakar pepes sampai daun pisang yang dijadikan sebagai pembungkusnya kering.

Nah, mudah kan? Semoga bermanfaat!
loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: