Jangan Sampai Tertipu, Pakai Tips Ini untuk Mendapatkan Beras Berkualitas Bagus


Loading...
Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok bagi masyarakat di Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Tak heran bila bahan makan mentah ini menjadi sangat penting keberadaannya.

Namun sayang, peredaran beras di pasaran terkadang tak memberikan jaminan kualitas bagi konsumen. Sementara tidak semua konsumen tahu atau dapat membedakan beras berkualitas bagus dengan yang tidak.


Lalu harus bagaiman? Jangan khawatir, County Food punya solusinya. Dengan menggunakan tips ini, Anda dijamin bakal bisa mengetahui dengan mudah mana beras berkualitas bagus dan mana yang tidak. Yuk simak!

1. Bersih


Beras yang diproses dengan cara berkualitas tentu juga akan menghasilkan beras berkualitas bagus. Salah satu indikasinya adalah beras tersebut terbebas dari kotoran, seperti kerikit atau yang lain.

2. Warna

Beras berkualitas bagus biasanya berwarna bening dan sedikit kekuningan. Jadi perhatikan betul warna beras sebelum membutuskan untuk membeli.

3. Aroma beras


Anda bisa mencium beras sebelum membelinya. Beras berkualitas bagus biasanya tidak beraroma apek. Jika bau beras apek, maka dapat dipastikan beras itu sudah lama disimpan.

4. Tekstur beras

Beras berkualitas bagus biasanya bertekstur kuat alias tidak mudah patah. Ambil segenggam dan periksa apakah semua butiran beras masih dalam kondisi utuh. Jika masih utuh, maka beras tersebut kemungkinan besar berkualitas bagus.

5. Jangan tertipu dengan bau

Jangan tergiur dengan aroma beras yang terlalu wangi. Beras berkualitas bagus biasanya beraroma beras dan tidak apek.

6. Raba dan remas

Cobalah mengambil segenggam beras dengan menggunakan tangan dalam kondisi kering, kemudia remas. Jika banyak yang menempel pada tangan makan kemungkinan beras tersebut mengandung zat pelicin.

Nah, itulah tips untuk mendapatkan beras berkualitas bagus. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel