Kerap Dianggap Sepele, Inilah Fakta Mencenggangkan tentang Penyakit Flu, Kamu Harus Waspada!

Demam, nyeri pada tenggorokan, dan sakit kepala umumnya dirasakan ketika seseorang terserang penyakit influenza. Sakit yang lebih familier disebut flu ini tergolong penyakit menular.

Meski begitu, banyak orang menganggap bahwa penyakit ini adalah penyakit ringan yang mudah disembuhkan. Tapi, siapa sangka jika ternyata influenza adalah salah satu penyakit mematikan di negara-negara miskin, terutama di wilayah sub-Sahara Afrika.

ilustrasi sakit flu

Menurut Liputan6.com yang melansir dari Time, kematian akibat flu sangat umum terjadi di negara-negara miskin di sub-Sahara Afrika yang sumber daya medisnya minim.

Flu juga mengintai orang-orang berusia di bawah 75 tahun.

sub-Sahara Afrika

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa setiap tahun ada 291 ribu hingga 646 ribu orang yang menderita penyakit influenza. Yang mengejutkan, penyakit tersebut telah memakan korban jiwa antara 250-500 ribu jiwa.

virus influenza

"Kami menggunakan data flu musiman untuk menghitung tingkat kematian pernapasan terkait influenza pada 33 negara, yang mencakup 57% populasi dunia," tulis peneliti, seperti dikutip Liputan6.com.

Untungnya, kasus kematian akibat influenza tidak banyak terjadi di negara-negara Mediterania Timur dan Asia Tenggara, seperti di Indonesia. Meski ada, namun tingkat kematiannya tergolong sedikit lebih rendah.

Karena influenza tergolong penyakit menular, tentu Anda harus waspada jika bepergian ke negara-negara miskin di wilayah sub-Sahara Afrika. Sebab, di sana penyakit ini bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.
loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: