Sering Alami Sembelit dan Gangguan Pencernaan? Inilah 5 Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi


Loading...
Tak dipungkiri jika setiap manusia membutuhkan makanan untuk tumbuh dan berkembang. Tubuh akan sehat jika makanan yang dikonsumsi juga sehat.

Oleh sebab itu, setiap orang wajib memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Selain itu, pola makan yang diterapkan juga harus teratur.

Pasalnya, pola makanan yang tidak teratur dan sembarangan atau kurang memperhatikan kesehatan makanan sangat berisiko mengalami gangguan kesehatan pencernaan, seperti sembelit dan sudah buang air besar. Yang lebih parah, gangguan kesehatan pencernaan bisa berupa radang usus dan kanker.


Nah, untuk meminimalisir munculnya gangguan pencernaan, sebaiknya mulai dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Berikut ini 7 makanan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

1. Alpukat


Selain banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal, buah alpukat ternyata juga mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Kabar baiknya, teksturnya yang lunak, membuat buah alpukat mudah untuk dikonsumsi, bahkan oleh bayi sekalipun.

2. Apel


Semua vitamin dan mineral pada buah apel sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan. Selain itu, buah apel juga mengandung pectin yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga usus dapat berfungsi lebih maksimal.

3. Bit


Buah biat yang kaya serat tentu sangat dianjurkan dikonsumsi ketika mengalami gangguan pencernaan. Kandungan seratnya sangat berkhasiat untuk mengatasi sembelit maupun sukit buang air besar.

4. Ubi jalar


Karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, ubi jalar sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang mengalami sembelit. Tak hanya itu, ubi jalar juga membantuk mengobati tukak lambung.

5. Pisang


Tak heran jika pisang digolongkan sebagai superfood. Berbagai macam vitamin dan mineral sangat baik untuk keseluruhan kesehatan tubuh, tak terkecuali kesehatan lambung. Bahkan buah ini sangat disarankan dikonsumsi oleh mereka yang mengalami diare. Pasalnya, buah pisang mampu mengembalikan jumlah elektrolit dan kalium yang hilang karena cairan tubuh yang banyak terkuras akibat sakit diare.

6. Daun singkong


Daun singkong juga merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi sangat disarankan untuk Anda yang mengalami sembelit maupun susah buang air besar.

7. Daun pepaya


Sama halnya dengan daun singkong, serat yang terkandung di dalam daun pepaya juga sangat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel