Resep Mie Kangkung Bakso Ikan


Loading...
Konon, mi atau mie kangkung adalah masakan campuran antara Betawi dan China (Thionghoa). Di dalam masyakat tersebut, unsur Tionghoa dapat dilihat dari mi serta cita rasa kuahnya. Sedangkan unsur Betawi dapat dilihat dari pemakaian kangkung sebagai tambahan bahan pada sajian mi kangkung. Sebenarnya, tak hanya bakso ikan yang dapat dikombinasikan pada menu ini. Menu ini juga cocok dipadukan dengan telur puyuh, telur pindang, ayam goreng, sate daging ayam atau pangsit. Dengan mengombinasikan beberapa makanan tersebut, tentu cita rasa mi kangkung bakso ikan bakal menjadi tambah spesial.

Di Jakarta, ada beberapa distrik makan yang menyajikan menu ini, meski "populasinya" tak sebanyak warung makan yang menyajikan masakan khas Betawi. Namun, di luar wilayah Jakarta, sepertinya akan sangat susah menjumpai warung makan yang menyajikan menu kuliner peranakan tersebut. Padahal, cita rasa masakan ini begitu segar dan lezat. Sayang sepertinya bila tak pernah merasakan barang sekali saja.


Tapi, sebenarnya kita bisa membuat sendiri mi kangkung bakso ikan di rumah. Cara masaknya sangat mudah. Bahan yang dipakai juga mudah didapat. Untuk membuat mi kangkung bakso ikan setara dua porsi, berikut daftar resepnya. Silakan baca resep dengan teliti sebab ada beberapa bahan yang jumlah dan takarannya dapat disesuaikan dengan selara. Baca juga tipsnya.


Bahan untuk membuat mi kangkung bakso ikan:
1.   0,5 kilogram mi. Pilih mi yang punya tekstur kenyal dan tebal. Mi hokkian, misalnya.
2.   0,5 ikat kangkung, cuci bersih, petik daun ujung batangnya.
3.   50 gram taoge, bersihkan.
4.   2 sendok makan minyak goreng.
5.   Setengah sendok teh minyak wijen. Minyak wijen bisa diganti dengan margarin.
6.   2 siung bawang putih, memarkan, kemudian dicincang lembut.
7.   100 gram daging ayam, potong bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Bahan ini dapat diganti atau ditambah dengan udang, telur puyuh atau yang lain.
8.   8 butir bakso ikan. Rebus bakso ikan hingga matang.
9.   1 sendok makan ebi (udang ukuran kecil).
10. Kecap manis secukupnya.
11. Kecap asin secukupnya.
12. Saus tiram secukupnya.
13. 800 mililiter kaldu ayam.
14. Lada putih bubuk secukupnya.
15. Garam secukupnya.
16. Gula pasir secukupnya (kuasai trik masak cegah diabetes).
17. 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.

Bahan pelengkap untuk membuat mi kangkung bakso ikan:
1.   Daun bawang, diiris dengan ukuran sesuai selera.
2.   Bawang merah goreng.
3.   Jeruk nipis, diiris tipis.
4.   Cabai rawit, dihaluskan (cari tahu bahwa kapsaisin dalam cabai membuat tubuh langsing).


Tips memasak mi kangkung bakso ikan:
1.   Yang perlu diketahui, penampilan atau tekstur kuah mi kangkung adalah encer. Jadi, jangan terlalu banyak memakai larutan tepung maizena. Fungsi larutan maizena di sini adalah untuk menyatukan semua cita rasa bahan yang dipakai untuk membuat kuah mi kangkung bakso ikan.
2.    Jumlah cabai rawit yang digunakan disesuaikan selera.


Cara memasak mi kangkung bakso ikan:
1.   Tumis bawang putih hingga tercium bau harum dengan minyak goreng dan minyak wijen. Masukkan daging ayam, tumis hingga daging ayam matang. Selanjutnya, masukkan ebi, tumis terus hingga tercampur rata.
2.   Setelah itu, segara masukkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, merica dan garam. Tumis kembali hingga semua bahan tercampur. Tuangkan kaldu daging ayam dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, tungkan larutan tepung maizena sedikit demi sedikit hingga mencapai tingkat kekentalan kuah yang Anda inginkan. Masak kuah mi kangkung bakso ikan selesai, angkat dan sisihkan.
3.   Rebus mi ke dalam air yang telah mendidih, angkat, kemudian tiriskan, masukkan ke dalam mangkuk.
4.   Celupkan kangkung ke dalam air mendidih. Biarkan hingga agak layu, tiriskan, campur dengan mi dalam mangkuk.
5.   Rebus taoge hingga layu, angkat, tiriskan, taburkan di atas mi kangkung.
6.   Tambahkan bakso ikan di atas mi kangkung. Tuangkan kuah yang sudah dimasak tadi. Tambahkan bawang goreng dan daun bawang. Mi kangkung bakso ikan siap disajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep bihun rebus kuah ayam pedas spesial serta resep sayur asem kangkung sederhana.

Resep mie kangkung bakso ikan ini setara buat 8 porsi atau lebih. Resep ini paling cocok disajikan sebagai menu makan siang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel