Skip to main content

Resep Asam Padeh Ikan Kembung


Resep asam padeh adalah salah satu resep masakan khas Indonesia yang berasal dari masyarakat Sumatera. Bahan utama masakan tradisional ini dapat disesuaikan selera. Nah, pada kesempatan ini yang dijadikan bahan utama adalah ikan kembung.

Untuk mengaplikasikan resep ikan asam padeh ini sebenarnya bisa menggunakan jenis ikan apa saja. Tapi, pada kesempatan ini memang sengaja digunakan ikan kembung. Alasannya, selain mudah diperoleh, ikan tersebut juga memiliki rasa daging yang manis dan serat yang halus.


Bumbu pelengkap:
1. 1 sendok makan air asam yang dibuat dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air putih. Larutan ini juga dibutuhkan ketika Anda hendak mengaplikasikan resep dendeng kering daging kambing lebih sedap.
2. 1 lembar daun kunyit. Daun kunyit juga dibutuhkan untuk mengaplikasikan resep rendang daging kambing spesial Idul Adha.
3. 2 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, kemudian dimemarkan.
4. Garam, gula pasir, lada putih bubuk scukupnya.
5. 1 sendok makan air jeruk nipis.


Bahan untuk membuat asam padeh ikan kembung:
1. 700 gram ikan kembung, dicuci bersih, kemudian dikerat.
2. 150 mililiter air putih.
3. 3 utas kemangi, petik daunnya saja.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 8 siung bawang merah.
2. 5 buah cabai merah keriting.
3. 4 butir kemiri, disangrai terlebih dahulu.
4. Jahe seukuran 2 ruas jari kelingking.
5. Kunyit seukuran 2 ruas jari kelingking.
6. Lengkuas seukuran 1 ruas jari kelingking.


Tips:
1. Selain sebagai bumbu, air jeruk nipis juga difungsikan untuk mengurangi bau amis pada ikan kembung.
2. Supaya rasa masakan lebih sedap, disarankan menggunakan ikan yang masih segar.


Cara membuat asam padeh ikan kembung:
1. Balur ikan kembung dengan air jeruk nipis, garam, dan lada putih bubuk, diamkan supaya meresap.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
3. Goreng ikan kembung sampai matang, angkat, tiriskan, dan sisihkan.
4. Panaskan kembali minyak sayur untuk menumis.
5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang.
6. Tambahkan daun kunyit dan serai, tumis sampai harum.
7. Tuangkan air, masakan sampai mendidih.
8. Tambahkan lagi garam, lada putih bubuk, gula pasir, masak sambil diaduk sampai tercampur rata.
9. Masukkan semua bahan dan bumbu yang belum digunakan, aduk lagi sampai tercampur rata, matikan api kompornya.
10. Susun ikan kembung yang sudah digoreng di wadah saji, siram dengan bumbu yang tadi sudah dimasak, asam padeh ikan kembung siap dihidangkan. Selain masakan ini, simak juga resep masakan lainnya, seperti;
Selain dibuat asam padeh, ikan kembung juga cocok bila diolah menjadi aneka resep masakan tradisional. Seperti;

Adapun resep asam padeh ikan kembung ini setara buat 4 porsi atau lebih.

loading...

loading...

Popular posts from this blog

Jarang Orang Tahu, Begini Cara Membuat Ayam Goreng dengan Bumbu Instan Agar Cepat Meresap

Ngomongin masakan tradisional Indonesia memang seolah tiada habisnya. Pasalnya, dari satu bahan makanan saja, kita bisa mendapati berbagai jenis masakan tradisional. Apalagi, bila yang akan diolah itu adalah ayam, sudah barang tentu varian masakan tradisional yang dapat dipilih sangat banyak.


Ayam goreng saja, misalnya. Meski namanya sama-sama ayam goreng, tapi begitu banyak varian yang dapat kita pilih. Mulai dari ayam goreng bumbu kalasan hingga ayam goreng bumbu kuning. Cara memasaknya juga bermacam-macam. Mulai dari yang sederhana hingga yang membutuhkan proses cukup lama, seperti ayam goreng bumbu kuning.

Kabar baiknya, belakangan mulai bermunculan beragam bumbu instan yang semakin memudahkan kita untuk memasak ayam goreng, termasuk membuat ayam goreng bumbu kuning. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara membuat ayam goreng dengan bumbu instan tersebut agar cepat meresap.

Jangan khawatir, pada kesempatan ini County Food akan mengulas tentang hal ini. …

Resep Krengsengan Daging Sapi Jawa Timur Asli Enak

Silakan coba mengaplikasikan resep krengsengan daging sapi berikut ini. Resep masakan khas Indonesia yang datangnya dari masyarakat Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang asli enak.

Bila anggaran dikantong minim, Anda bisa mengganti dengan daging kambing atau ayam. Tak terkecuali, ceker (kaki) ayam dan ati (hati) ampela juga enak dimasak masakan tradisional ini.
Cita rasa krengsengan daging sapi Jawa Timur yang asli enak ini sungguh khas. Pasalnya, ada beragam rempah yang digunakan. Oleh sebab itu, perhatikan betul bumbu serta takarannya supaya hasilnya memuaskan.

Bahan: 1. 0,5 kilogram daging sapi (kuasai trik membuat tekstur daging alot jadi empuk), potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. 2. 2 buah tomat merah, masing-masing dipotong menjadi 8 bagian. 3. 300 mililiter air putih. 4. Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan: 1. 4 siung bawang putih. 2. 9 siung bawang merah. 3. 3 buah cabai rawit. 4. 4 buah cabai merah keriting. 5. 2 butir kemiri, dis…

Resep Cara Membuat Kerupuk Tepung Terigu Renyah Enak

Kalau suka kerupuk gandum alias tepung terigu, sepertinya Anda perlu beli lagi. Soalnya, Anda bisa mempelajari resep dan cara membuatnya di sini.
Bahan yang dibutuhkan untuk mengaplikasikannya juga mudah didapat. Selain itu, cara membuatnya juga sangat mudah. Tapi, prosesnya memang cukup panjang. Soalnya, adonan kerupuk tepung terigu harus dikukus supaya matang. Setelah itu, dijemur sampai kering. Kemudian baru bisa digoreng.
Begini penjelasan selengkapnya.

Bahan untuk membuat adonan kerupuk tepung terigu yang renyah dan enak: 1. 0,5 kilogram tepung terigu. 2. 275 mililiter air putih. 3. Minyak sayur untuk menggoreng.
Bumbu yang dihaluskan: 1. 3 siung bawang putih. 2. Garam dan lada putih bubuk secukupnya. 3. 0,5 sendok teh penyedap rasa.

Tips: 1. Pastikan proses penjemuran dilakukan sampai irisan adonan kerupuk tepung terigu kering. 2. Bila suka, tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan ketumbar bila suka.

Cara membuat kerupuk tepung terigu renyah enak: 1. Larutkan 50 gram tepung ter…

Resep Sambal Pelengkap Rawon Spesial

Mau apapun nama rawon yang dihidangkan, menu pelengkap yang wajib adalah sambal terasi. Berbeda dengan sambal terasi pada umumnya, sambal terasi ini secara khusus dibuat sebagai pelengkap masakan rawon khas Jawa Timur.

Dan, sambal inilah yang membuat cita rasa rawon menjadi lebih spesial.
Bagaimana, ingin mencoba? Silakan simak penjelasan lengkap resep sambal pelengkap rawon spesial berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan.

Bahan dan bumbu untuk membuat sambal pelengkap rawon spesial: 1. 8 buah cabai merah keriting. 2. 2 buah cabai merah besar. 3. 6 buah cabai rawit merah. 4. 4 siung bawang merah. 5. 1 sendok teh terasi matang (dibakar/digoreng). 6. 0,25 sendok teh garam. 7. 2 sendok teh gula merah yang sudah disisir.

Tips: 1. Disarankan hanya menggunakan cabai merah untuk membuat sambal pelengkap rawon. 2. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan jeruk limau, bila suka.

Cara membuat sambal pelengkap rawon spesial: 1. Haluskan semua bahan dan bumbu yang sudah disiapkan unt…

Resep Tahu Goreng Tepung Renyah Sederhana Dibuat

Tahu sudah menjadi lauk pokok masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif murah dan rasanya yang enak, membuat bahan makanan mentah ini lebih disuka masyarakat. Ada beragam banyak masakan tahu yang dapat diaplikasika, mulai dari sebagai menu utama hingga lauk atau menu pendamping.


Nah, pada kesempatan ini County Food akan membahas sebuah resep masakan berbahan tahu yang cocok dijadikan sebagai lauk atau cemilan. Namanya, tahu goreng tepung.

Cara membuatnya cukup sederhana dan muda. Tidak perlu repot membuatnya. Dan, hasilnya pasti istimewa dan memuaskan. Yuk, langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini.


Bahan:
1. 200 gram tahu putih, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bahan untuk membuat adonan pencelup:
1. 100 gram tepung terigu protein sedang.
2. 1 sendok makan tepung sagu.
3. 100 mililiter air es.
4. 2 utas daun bawang, potong-potong.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
6. 0,25 sendok teh kaldu bubuk instan.


Tips: