Aneka Resep Masakan Spesial & Istimewa Khas Lebaran


Loading...
Pada kesempatan ini County Food akan membahas secara komplit aneka resep masakan khas Lebaran Idul Fitri. Kesemuanya dijamin spesial & istimewa.

Pasalnya, sebagian besar masakan-masakan tersebut hanya dibuat di momen spesial dan istimewa juga. Yaitu, ketika Hari Raya Idul Fitri telah tiba.

Perlu diketahui, Idul Fitri adalah hari raya umat muslim. Di mana mereka telah melaksanakan puasa selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan.

aneka resep masakan spesial & istimewa khas Lebaran

Bagi umat muslim momen tersebut begitu istimewa. Momen di mana manusia mendapatkan ampunan dari segala dosa-dosa setelah menunaikan ibadah puasa.

Tak heran bila pada momen tersebut, setiap umat muslim yang melaksanan ibadah puasa diibaratkan kembali suci, laiknya bayi yang baru lahir.

Jadi, tak ayal pula kan untuk merayakannya, mereka menyediakan aneka masakan spesial dan istimewa. Nah, berikut beberapa di antara masakan khas Hari Raya Idul Fitri (Lebaran).

  • Opor ayam dan sambal goreng
Opor ayam adalah masakan berbahan potongan ayam yang dimasak dengan bumbu rempah dan kuah satan. Rasanya sangat gurih. Lihat referensinya di resep opor ayam kampung spesial. Masakan tersebut biasanya dihidangkan bersama lontong (berikut cara membuat lontong agar tak cepat basi) atau ketupat (cara membuat ketupat Lebaran dengan panci presto) serta sambal goreng. Nah masakan yang disebut terakhir itu, ada beraneka macam.

Di antaranya, sambal kentang (ini resep sambal goreng kentang telur puyuh dan ati ayam, resep sambal goreng kentang kuah santan, resep sambal goreng kentang hati petai cabai merah iris, dan masih banyak lagi macamnya yang lain). Pada dasarnya, sambal goreng adalah masakan berkuah santan yang dimasak dengan menggunakan bumbu pedas. Adapun aneka bahan yang dimasak bisa beragam, disesuaikan selera.

  • Rendang
Rendang adalah masakan yang juga dibuat dengan kuah santan kental yang dimasak hingga meresap ke dalam aneka bahan makanan yang dijadikan sebagai bahan utama.

Bahan utama yang digunakan mulai dari daging sapi (ini resep rendang kering daging sapi khas Padang) atau daging kambing (berikut ini resep rendang daging kambing spesial Idul Adha) sampai daging ayam (resep rendang daging ayam istimewa) atau bebek (resep rendang bebek khas Padang).

Selain itu, ada juga rendang telur (resep rendang telur paling lezat) maupun rendang jengkol (resep rendang jengkol kuah pedas).

  • Gulai
Selain opor, sambal goreng, dan rendang, satu lagi masakan spesial & istimewa yang selalu ada pada momen perayaan Lebaran Idul Fitri adalah gulai. Sama dengan aneka masakan yang disebut sebelumnya, gulai juga dimasak dengang menggunakan kuah santan.

Terkadang, dibuat dengan menonjolkan rasa pedas. Baik gulai bercita rasa pedas ataupun tidak, rasa yang identik pada gulai adalah aroma serta rasa bumbu rempah yang begitu khas.

Adapun referensi resep masakan gulai, antara lain, resep gulai daging kambing istimewa ala County Food, resep gulai ayam kampung cabai gelondongan, atau resep gulai daging sapi istimewa menggoda selera.

Nah, itulah aneka resep masakan spesial & istimewa khas Lebaran Idul Fitri. Aneka masakan tersebut selalu ada dimonen yang sangat istimewa bagi umat muslim tersebut.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel