Resep Lele Goreng Kering Seperti di Rumah Makan Padang


Loading...
Siapa saja bisa membuat lele goreng. Tapi, bagaimana lele goreng kering seperti yang biasa dijual di rumah makan yang menjual masakan Padang? Pasti, tidak semua bisa.

Tak perlu harus ke Padang atau menjadi orang Padang dulu supaya bisa membuat lele goreng seperti itu. Sebab, Anda bisa belajar di sini.

Asal tahu saja, pada kesempatan sebelumnya County Food sudah cukup sering membahas resep masakan khas Padang yang umumnya dijual di restoran atau rumah makan Padang. Seperti, resep ikan bakar khas Padang gurih pedas bikin ketagihan atau resep sate Padang gampang diaplikasikan.

Ya, pada kesempatan ini County of Food akan mengajarkan kepada Anda cara membuat lele goreng kering seperti yang dijual di rumah makan Padang. Cara membuatnya juga tidak susah. Simpel saja.

lele goreng kering seperti di rumah makan Padang

Berikut penjelasan lengkap resep lele goreng kering seperti di rumah makan Padang berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan.


Bahan:
1. 1 kilogram ikan lele, bersihkan.
2. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu yang harus dihaluskan:
1. 4 siung bawang putih.
2. 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai.
3. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.

Pelengkap (aduk rata):
1. 5 sendok makan tepung beras.
2. 0,25 sendok teh kaldu ayam instan.


Tips:
1. Ketika menggoreng, disarankan menggunakan api sedang. Namun, minyaknya harus sudah panas sempurna sebelum digunakan untuk menggoreng. Jumlah minyak sayur yang digunakan juga harus bisa merendam seluruh bagian ikan lele.
2. Selain kaldu ayam instan, Anda juga bisa menggunakan kaldu sapi instan.
3. Sebelum dibalur bumbu yang sudah dihaluskan, balur ikan lele dengan air jeruk nipis terlebih dahulu. Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon.
4. Supaya hasilnya memuaskan, usahakan menggunakan ikan lele ukuran kecil-sedang.


Cara membuat lele goreng kering seperti di rumah makan Padang:
1. Balur ikan lele dengan bumbu yang sudah dihaluskan, diamkan selama 7 menit supaya meresap.
2. Guling-gulingkan pada campuran bahan pelengkap.
3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
4. Masukkan ikan lele yang sudah dibalur tepung beras ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang dan kering, angkat, tiriskan.
5. Pindah ke wadah saji, lele goreng kering seperti di rumah makan Padang sudah siap dinikmati bersama sambal ijo dan disiram kuah kari nangka muda. Referensi resepnya bisa Anda simak di resep sambal ijo khas masakan rendang Padang dan resep gulai nangka muda enak mantap (tidak pedas).

Resep lele goreng kering seperti di rumah makan Padang ini cukup untuk 8 orang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel