Terkuak! Resep Kerupuk Atom (Bulat) Ikan Tenggiri Renyah Gurih Enak


Loading...
Kerupuk ikan tenggiri merupakan salah satu kudapan khas (tradisional) Indonesia. Kudapan ini banyak dijual di pasaran. Meski bentuknya tak bulat sempurna seperti kacang atom, tapi kerupuk ini juga populer disebut kerupuk atom ikan tenggiri.

Karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, membuat kerupuk atom ikan tenggiri enak dijadikan sebagai lauk. Terutama buat Anda yang tidak bisa makan tanpa kerupuk.

Anda juga bisa lho membuat kerupuk atom ikan tenggiri yang seenak dan serenyah seperti yang dijual di luaran sana. Kabar baiknya, County Food telah berhasil menguak rahasia dari resep dan cara membuat kerupuk tersebut.

kerupuk atom ikan tenggiri

Mau tahu? Silakan simak ulasan lengkap resep kerupuk atom ikan tenggiri berikut ini hingga tuntas. Jangan mulai sebelum Anda betul-betul mengetahui tips dan cara membuatnya.


Bahan:
1. 100 gram fillet daging ikan tenggiri, giling sampai halus.
2. 2 butir telur ayam, 1 butir gunakan kuning telurnya saja.
3. 155 gram tepung sagu atau tepung kanji.
4. 0,5 sendok teh soda kue.

Bumbu:
1. 0,25 sendok teh garam.
2. 0,5 sendok teh penyedap rasa.
3. 10 gram gula pasir.


Tips:
1. Adonan yang dibuat tidak perlu terlalu besar, sebab saat digoreng nanti adonan kerupuk akan mengembang dengan sendirinya karena pengaruh dari soda kue. Hal ini juga berlaku untuk ukuran potongan tiap adonan, cukup lebih kurang 1 sentimeter saja ukuran tiap potong adonan.
2. Saat menggoreng, jangan menggunakan api terlalu besar dan minyak sayur yang digunakan jangan terlalu panas. Kalau tidak, dikhawatirkan nanti adonan kerupuk tidak bisa matang sempurna.
3. Goreng potongan adonan kerupuk sedikit demi sedikit, jangan terlalu banyak supaya matang merata.
4. Saat menggoreng, adonan harus diaduk terus menerus sampai mengembang dan matang.
5. Tak ada salahnya bila sebelum menggoreng, Anda mengujinya terlebih dahulu. Setelah minyak sayur (tidak terlalu panas) siap di dalam wajan, masukkan satu potong adonan, aduk terus sampai mengembang dan Anda rasa sudah matang. Lihat bagian dalamnya, bila masih berserat dan lembek, berarti belum matang.


Cara membuat kerupuk atom (bulat) ikan tenggiri renyah gurih enak:
1. Masukkan telur ke dalam wadah, kocok lepas.
2. Tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa, kocok sampai benar-benar tercampur semupuran.
3. Tambahkan daging ikan tenggiri, uleni sampai tercampur rata.
4. Sedikit demi sedikit dan sambil diuleni sampai kalis, tambahkan tepung sagu dan soda kue.
5. Bagi adonan menjadi bulatan kecil, giling hingga mendapatkan bentuk bulat panjang dengan diameter kurang dari 1 sentimeter (harus < 1 cm), potong-potong.
6. Tuang minyak sayur pada 2 wajan besar, nyalakan api kompornya. Minyak sayur di wajan pertama cukup dihangatkan saja, sedangkan minyak sayur di wadan kedua dipanaskan.
7. Masukkan potongan adonan kerupuk pada minyak sayur hangat, aduk-aduk sampai sedikit mengembang, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, aduk perlahan sampai mengembang dan matang, angkat, tiriskan, biarkan suhunya turun.
8. Simpan di dalam toples bertutup, kerupuk atom (bulat) ikan tenggiri sudah bisa disantap. Dijadikan sebagai lauk untuk rendang daging sapi atau bebek rica-rica Madura  juga enak banget lho!

Resep kerupuk atom (bulat) ikan tenggiri renyah gurih enak ini cukup untuk 8 orang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel