Nggak Nyangka, Bumbu Dapur Seperti Ini Ternyata Sangat Ampuh Meredakan Batuk


Loading...
Batuk memang sangan menjengkelkan. Orang kerap tersiksa ketika mengalaminya.

Pasalnya, batuk kerap dibarengi dengan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan. Saking parahnya, terkadang kita sampai kesakitan ketika menelan ludah.


Celakanya, penyakit ini kerap muncul ketika memasuk masa pancaroba seperti sekarang ini. Tubuh yang dalam kondisi kurang fit akan lebih berisiko terserang batuk.

Begitu Anda mengalami sakit batuk, sebaiknya jangan buru-buru minum obat-obatan kimia. Cobalah meredakannya dengan mengonsumi ramuan alami.

Ternyata, ada juga lho beberapa jenis bumbu dapur yang sangat berkhasiat untuk meredakan batuk. Beberapa jenis bumbu dapur tersebut dapat kita olah menjadi sebuah ramuan.

Mau tahu apa saja bumbu yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk?

1. Kencur

Kencur adalah salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memask sayur bening atau sejenisnya. Dikutip dari detik.com, menurut Guru Besar Fakultas Farmasi MIPA Universitas Indonesia Prof. Sumali, kencur sangat berkhasiat jika dikonsumsi oleh orang yang mengalami sakit batuk.

Pasalnya, kandungan zat alami pada kencur dapat dimanfaatkan sebagai antiinflamasi dan mengendalikan rasa sakit pada orang yang mengalami batuk.

2. Jeruk nipis

Sama seperti kencur, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk meredakan batuk. Pasalnya, jeruk nipis mengandung terpena, terpenoid hesperidin tengeritin, naringin, eriocitrin, dan eriocitrocide.

Lalu bagaimana cara meramunya menjadi obat batuk alami? Mudah saja, begini caranya!

Anda cukup memarut kencur, kemudian memerasnya untuk mendapatkan sarinya. Setelah itu, campur dengan air jeruk nipis. Sampai di sini, Anda langsung bisa mengonsumsinya.

Rasanya memang tidak enak. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan madu atau kecap manis. Mudah kan? Semoga bermanfaat.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel