Sepele Tapi Fatal, Inilah 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak Cumi


Loading...
Cumi merupakan salah satu seafood yang banyak disuka oleh orang Indonesia. Tak ayal jika banyak tempat makan, mulai dari pinggir jalan sampai kelas restoran yang menawarkan menu cumi sebagai andalannya.

Ternyata, memasak cumi itu tidak boleh asal-asalan. Salah sedikit saja, bisa berakibat fatal pada kelezatan cita rasanya.

cumi

Celakanya, tak banyak orang tahu tentang bagaimana cara masak cumi dengan benar. Dan akibatnya, kesalahan pun kerap dilakukan tanpa disadari.

Apa saja kesalahan itu? Yuk, simak!

1. Menyimpan setelah membeli

Untuk mendapatkan masakan cumi yang lezat, tentu dibutuhlan cumi segar dengan kualitas bagus. Nah, saat cumi masih dalam kondisi segar, sebaiknya langsung dimasak.

Tapi sayang, masih banyak di antara kita yang membeli, kemudian menyimpan di dalam untuk persediaan. Meski jadi awet, tapi kesegaran cumi tetap berkurang dan tentu saja memengaruhi kualitas rasa masakan.

2. Masak dengan api besar

Masih banyak yang tak tahu bahwa besar kecilnya api kompor ketika memasak sangat memengaruhi kualitas rasa dari masakan. Hal ini juga berlaku ketika masak cumi. Agar matang merata, disarankan agar menggunakan api kecil-sedang saat memasak cumi.

3. Over cook

Cumi tidak boleh terlalu lama dimasak (over cook). Bila sampai over cook, daging cumi yang kaya akan protein akan jadi alot.

Jadi saat masak cumi, sebaiknya cumi buru-buru diangkat begitu sudah matang. Dan tentunya masakan cumi harus dimakan habis selagi masih hangat.

Loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: