4 Gejala Ambeien (Wasir) yang Wajib Kamu Waspadai!


Loading...
Ambeien atau yang biasa juga disebut wasir terjadi karena 3 pembuluh darah balik atau arteria pada anus mengalami pembengkakan dan melebar. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri yang cukup menyiksa.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya ambeien. Seperti faktor keturunan dan faktor aktivitas yang cukup tinggi.

Berdasarkan data yang beredar, ambeien biasa terjadi pada orang dewasa. Gejala yang dirasakan juga cukup beragam.

Agar tak semakin parah, tentu saja penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan dokter. Nah, berikut gejala ambeien yang wajib diwaspadai agar tak semakin parah.


1. Keluar darah saat BAB

Gejala umum yang dirasakan penderita ambeien adalah keluar darah saat buang air besar atau BAB. Pada ambeien yang belum parah, kondisinya ini biasanya tak disertai rasa nyeri. Warna darah yang keluar ada merah terang.

2. Sering ingin BAB

Orang yang menderita ambeien biasa sering merasa ingin BAB. Pada tahap yang parah, bahkan feses yang keluar terjadi di luar kontrol.

3. Gatal hingga pembengkakan serta nyeri pada anus

Gejala awal penderita ambeien biasa sering merasa gatal di bagian anus. Celakanya kondisi ini terkadang bisa sampai menyebabkan pembengkakan pada area anus dan disertai dengan rasa nyeri yang cukup menyiksa.

4. Terdapat benjolan pada anus

Muncul benjolan pada luar anus menjadi salah satu gejala ambien yang lain. Pada kondisi yang parah, benjolan tersebut akan begitu sensitif dan terasa nyeri. Hal itu biasa juga memberikan efek mengganjal.

Nah, jika Anda mendapati satu di antara keempat gejala tersebut, segeralah berkonsultasi kepada dokter agar segera mendapatkan penanganan. Semoga berguna!

Sumber: Halosehat
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel