Gampang Diaplikasikan! Begini Cara Membuat Hembusan Kipas Angin Jadi Sesejuk AC (Air Conditioner)

Kipas angin menjadi alat penyejuk udara yang sangat populer di masyarakat. Selain karena harganya murah, hembusan kipas angin cukup bisa diandalkan untuk menyejukkan suhu ruangan.

Tapi sayangnya, di cuaca yang sangat panas, keberadaan kipas angin justru dirasa semakin menyiksa. Pasalnya, udara yang dihembuskan bukanlah udara sejuk tapi justru udara panas.


Wajar itu yang terjadi karena pada dasarnya teknologi sederhana yang digunakan kipas angin adalah menghisap udara di belakang baling-baling dan menyalurkannya ke depan. Jadi wajar jika suhu di dalam ruangan tinggi, maka suhu udara yang dihembuskan kipas angin juga tinggi.

Berbeda dengan AC (air conditioner). Sesuai dengan fungsinya, alat ini memang benar-benar dapat diandalkan sebagai pendingin ruangan.

Dengan berbagai komponen di dalam air conditioner, udara panas yang diserap dimungkinkan diolah menjadi udara dingin atau sejuk. Dan, ini yang membuat AC menjadi alat yang sangat diandalkan sebagai pendingin ruangan hingga kini.

Jenis AC

Ada tiga jenis atau tipe AC yang perlu Anda ketahui. Setiap tipe tentu memiliki keunggulan masing-masing.

1. AC konvensional


AC jenis ini adalah air conditioner yang paling banyak dijumpai. Biasanya AC konvensional di tempel di dinding untuk menyejukkan ruangan.

2. AC portable


Sesuai dengan namanya, AC portable dapat diletakkan di mana pun Anda suka. Pasalnya, jenis AC ini dapat diangkat ke mana saja.

3. Air cooler


Meski tidak secanggih AC, tapi ari cooler cukup bisa diandalkan sebagai pendingin ruangan.

Namun sayang, harga air conditioner sampai sejauh ini masih dirasa kurang bersahabat dengan rakyat kecil. Alat ini juga tergolong boros listrik.

Tapi jangan berkecil hati. Dengan menambahkan sedikit alat sederhana, Anda bisa membuat hebusan udara dari kipas angin menjadi sesejuk AC atau air conditioner.

Teknologi sederhana ini mengadopsi teknologi dasar yang diterapkan pada air cooler. Begini caranya.

1. Siapkan botol plastik


Botol plastik ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk menampung es batu atau bunga es. Anda bisa menggunakan botol plastik bekas air mineral atau soda.

2. Potong tak sampai putus


Agar lebih mudah dalam memasukkan es batu atau bunga es, potong bagian bawah botol pastik secara horizontal, tapi jangan sampai putus.

3. Lubangi botol plastik


Tepat 0,5 sentimeter di bawah garis potongan, lubangi sisi botol dengan menggunakan solder listrik. jarak lubang satu dengan lubang di atasnya sekitar 1 sentimeter. Buat 3 atau empat lubang di setiap sisi. Lubang ini sangat penting perannya agar udara dingin dari es batu atau bunga es dapat terserap baling-baling kipas angin dan dapat dihembuskan ke depan.

4. Pemasangan


Pasang botol yang tadi ke bagian belangan kipas angin dengan bantuan tali atau rafia. Pasang botol plastik secara terbalik. Pastikan tutup botol telah diputar kencang agar air yang es batu yang meleleh tidak sampai menetes atau tumpah.

5. Aplikasi


Lewat bagian bawah botol yang sudah dipotong dan dipasang terbawalik di bagian belakang kipas angin, masukkan es batu secukupnya.

Nah, Anda tinggal menyalakan kipas angin dan rasakan udara yang dihembuskan kipas angin akan menjadi sesejuk udara yang dihembuskan AC atau air conditioner. Ini video tutorialnya:


Nah, setelah es batu mencair, Anda bisa menampung airnya dengan cara membuka tutup botol di bagian bawah. Selamat mencoba dan semoga berguna. Jangan lupa di share ke yang lain ya!
loading...

Ketik Alamat Email Anda untuk Berlangganan Konten County Food: