"Minyak Kelapa Lebih Sehat untuk Menggoreng", Jangan Langsung Percaya! Ini Penjelasannya


Loading...
Jika ada yang mengatakan bahwa minyak kelapa lebih sehat jika digunakan untuk menggoreng, ssbaiknya Anda jangan langsung percaya. Kenapa?


Pasalnya dibanding lard dan mentega kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa jauh lebih tinggi, yakni mencapai 86 persen. Sedangkan kandungan lemak pada lard adalah 39 persen dan mentega adalah 51 persen.

Spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya dr Diana F Suganda MKes SpGK mengungkapkan minyak kelapa bukan alternatif minyak yang lebih sehat karena memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Jika dipanaskan (untuk memasak), maka kandungan lemaknya jadi lebih jenuh lagi.

Lantas, apa ruginya mengonsumsi mengandung lemak jenuh tinggi?

Efeknya tentu saja membuat kadar LDL pada darah jadi lebih tinggi. Kondisi ini mengakibatkan gangguan kesehatan yang sangat serius, seperti penyakit jantung dan penymbatan darah di otak atau stroke.

Lalu, apa saja gejala LDL tinggi?

Gejalanya bisa bermacam-macam, mulai dari perubahan fisik hingga rasa sakit yang sangat. Antara lain, perubahan pada kuku, perubahan pada kulit kaki dan nyeri pada kaki, diare, mati rasa hingga lesu serta sakit kepala sebelah.


Lantas apa yang harus dilakukan agar beragam kuliner gorengan yang kita bulat jadi lebih sehat dikonsumsi?

Ternyata Diana menyarankan agar saat menggoreng kita harus benar-benar membatasi jumlah minyak yang digunakan. Pasalnya proses menggoreng dengan menggunakan banyak minyak akan menambah kandungan kalori pada makanan jadi jauh lebih tinggi.


"Misal, paha ayam mentah 100 gram utuh itu 100-150 kalori, jika direbus kalorinya sama, begitu digoreng, tambah 150 kalori per satu gorengan," terang Diana.

Alternatif lain!
Alternatif lain untuk menyiasati agar makanan gorengan jauh lebih sehat untuk dikonsumsi adalah dengan menggunakan alat air fryer saat menggoreng. Namun jika ingin terhindar gari risiko minyak kelapa, hal yang harus Anda lakukan adalah sama sekali tidak menggunakannya. Caranya adalah dengan menggunakan teflon (wajan anti-lengket) untuk menggoreng.

"Tanpa minyak lebih bagus," tandas Diana.

Proses Perjalanan Lemak ( Kolesterol ) Didalam Tubuh Kita.


Sumber: BBC, Halosehat, Youtube
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel