Penyebab dan 2 Cara Paling Cepat Menghilangkan Panu di Wajah


Loading...
Semoga Anda bukan orang yang mengalami kondisi seperti ini. Tapi jika ternyata ada bercak putih di wajah dan sudah dipastikan itu adalah panu, jangan khawatir karena pada kesempatan ini County Food akan mebahas secara detail penyebab munculnya panu di wajah dan cara cepat untuk menghilangkannya.


Penyebab panu di wajah

Panu adalah jamur pityrosporum ovale atau malassezia furfur. Jamur yang menyebabkan munculnya bercak putih di wajah atau bagian tubuh lain ini biasanya muncul karena kurangnya kita menjaga kebersihan diri.

Jadi setiap orang bisa mengalaminya. Sebab pada dasarnya setiap orang memiliki jamur di kulitnya. Tapi jika dibiarkan berkembang berlebihan karena kurang menjaga kebersihan diri, maka lama-lama akan muncul bercak putih pada wajah.


Selain kurang menjaga kebersihan diri, faktor utama penyebab munculnya pada wajah karena cuaca yang lembab dan panas dan keluarnya keringat yang berlebihan. Terlebih jika kulit kita tergolong kulit yang berminyak, maka panu akan lebih mudah muncul jika tak sering membersihkan diri.

Gejala panu

Bercak putih pada kulit dipastikan panu jika muncul gelaja seperti:

1. Gatal


Kulit wajah atau bagian tubuh lain akan terasa gatal. Biasanya orang mengira bahwa rasa gatal itu muncul karena penyebab lain. Nah, hal ini pula yang menyebabkan munculnya panu dirasa mendadak atau tak disangka-sangka.

2. Munculnya bercak putih


Gejala panu lain adalah munculnya bercak putih pada kulit wajah atau bagian tibuh lainnya. Jika sudah parah, warna tersebut bisa berubah menjadi lebih kusam dari warna kulit kita.

3. Bersisik


Jika digaruk, bercak putih tersebut akan bersisik. Tentunya hal ini sangat mengganggu. Terlebih jika panu tersebut sampai menghiasi wajah kita.

Lantas bagaimana cara cepat menghilangkan panu, khususnya panu yang ada di wajah?

Jangan khawatir karena cara menghilangkan panu sangat mudah. Asal Anda rutin mengaplikasikan cara ini dan selalu menjaga kebersihan diri, makan panu di muka atau wajah akan cepat hilang.

1. Menggunakan obat panu yang biasa dijual di minimarket atau apotek


Ada banyak berbagai merek obat panu yang biasa dijual di minimarket atau apotek. Yang perlu Anda ketahui, beberapa obat panu memberikan efek panas saat diaplikasikan pada kulit. Bentuknya sendiri ada yang cair, gel, dan cream.

Cara menggunakannya cukup dioleskan kulit yang ditumbuhi panu. Jika Anda menggunakan obat panu cair, setelah dioleskan gosok agar khasiatnya lebih cepat terasa dan lakukan segera setelah mandi.

2. Menggunakan bahan alami

Dari sekian banyak bahan alami yang berkhasiat menghilangkan panu, ada 2 bahan alami yang punya khasiat sangat cepat dan ampuh untuk melenyapkan jamur tersebut. Yakni, bawang putih dan lengkuas.


Cara menggunakan 2 bahan ini untuk menghilangkan panu di wajah atau bagian tubuh lain juga cukup mudah. Jika menggunakan bawang putih, potong bawang putih menjadi 2-4 bagian. Oleskan getahnya pada kulit yang ditumbuhi panu. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari dan lakukan setelah mandi.


Nah, jika Anda memilih menggunakan lengkuas, parut 2 sentimeter lengkuas, kemudian peras untuk mendapatkan sarinya. Oleskan sari lengkuas pada kulit yang ditumbuhi panu. Lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari setelah mandi.

Pencegahan

Yang tak kalah penting untuk dibahas adalah bagaimana cara mencegah panu agar tak muncul lagi. Begini caranya!

1. Hindari pemakaian produk kulit yang mengandung tinggi kadar minyak.
2. Sebisa mungkin Anda harus mengurangi terpapar sinarmatahari.
3. Jika sinar matahari tak bisa dihindari, pastikan mandi hingga bersih setelah berkeringat.
4. Selalu gunakan tabur surya.
5. Selalu pilih produk yang tidak mengandung minyak dengan minimal SPF 30.
6. Hindari menggunakan pakaian ketat dan pilihkan pakaian yang berbahan kain berpori-pori, seperti katun agar tak gampang berkeringat dan menjaga kulit tetap dalam kondisi tidak lembab.
7. Selalu gunakan pakaian yang bersih.


Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab dan 2 Cara Paling Cepat Menghilangkan Panu di Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel